Peran Wanita Di Era Milenial 2020 Kartini Yang Ber Srikandi

Dra. Sri Hastuti Lastyawati, M.Pd, guru utama SMK N 4 Surakarta Ketua MGMP PPKn SMK-SMA SOLO RAYA

Habis Gelap Terbitlah Terang. Ini adalah kutipan karya RA Kartini yang paling fenomenal sekaligus kutipan terpopuler yang masih relevan di zaman  modern seperti sekarang ini.

“ Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam “

Demikian juga dengan kondisi pandemi covid-19 saat ini. Sesuai dengan karya RA Kartini tersebut, bahwa saat ini bangsa kita dalam keadan gelap gulita, tapi percayalah dengan Keajaiban dari Tuhan Yang Maha Esa, dengan ijin NYA, Insya Allah negara kita akan Terang benderang kembali, yang membawa keindahan dan Kehidupan manusia seperti sedia kala.

Sehingga habis gelap terbitlah terang akan terbukti. Untuk itu kita wajib berdoa wajib berhati-hati dalam bersikap dan berperilaku, karena

“Banyak hal yang bisa menjatuhkan dan menghancurkan dunia ini akibat sikap dan perilaku kita. Dan satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkan dunia ini  adalah sikap dan perilaku kita yang SEMBRONO ”.

Dengan kegelapan dunia saat ini, bukan hanya pria saja yang bisa CANCUT TALI WANDA (temenan anggone tandang gawe) Tapi Wanita pun bisa kerja yang NGGEGIRISI DAN NGIDAB-IDABI dibanding pria.

Kita ambil contoh

Dewi Srikandi yang menjadi suri tauladan prajurit wanita. Ia bertindak lantang sebagai penanggung jawab keselamatan dan kemanan kesatrian Madukara dengan segala isinya. Dalam perang Bharatayuda, Dewi Srikandi tampil sebagai senapati perang Pandawa menggantikan Resi Bisma, senapati Agung balatentara Kurawa. Dengan panah Hrusangkali, Dewi Srikandi dapat menewaskan Resi Bisma, sesuai kutukan Dewi Amba, Putri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura, yang mati terbunuh oleh Resi Bisma.

Demikian pula Wanita MILENIUM

Dewi Srikandi tampil NGGEGIRISI DAN NGIDAB-IDABI sebagai senapati perang dunia melawan CORONA . Dengan MEMPELOPORI dan memberikan suri teladan yang positif serta bersikap dan berperilaku yang benar, mentaati peraturan pemerintah dalam mengatasi KONDISI KEGELAPAN INI MENUJU KONDISI TERANG BENDERANG dalam upaya menewaskan corona dari dunia, sampai terwujud HABIS GELAP TERBITLAH TERANG.

Related posts