Dr. Drs Purwo Haryono, M. Hum (Wakil Rektor 1 UNWIDHA Klaten) Wabah Virus Corona Harus Disikapi Secara Bijaksana Oleh Manusia

Kasak kusuk soal virus Corona yang saat ini sedang mengganas di seluruh negara di dunia. Pro kontra disana sini terjadi.Ada yang mengatakan virus ini buatan manusia karena perang politik dagang antar negara besar, tetapi juga ada yang mengatakan karena ujian dari Tuhan. Biarlah mereka bicara, karena keadaan krisis telah terlanjur menggejala, merenggut nyawa manusia jumlahnya jutaan. Seperti apa pendapat dosen senior UNWIDHA yang lulusan S3 UNY ini kepada majalah Didik.Beliau tandaskan, manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna, sempurna fisiknya dan sempurna akalnya. Tidak bisa kita pungkiri dalam dunia ilmu pengetahuan, khususnya mikrobiologi, bakteri dan virus dapat diciptakan oleh manusia. Dalam ilmu pengetahuan yang dilandasi iman yang kuat, tentu masalah bakteri dan virus ini dimanfaatkan untuk kemaslahatan/kebaikan manusia, bukan untuk merusaknya.
Dalam konteks kondisi Covid-19 sekarang ini, kita mensikapinya harus dari sudut pandang keimanan. Bagi orang yang beriman, kondisi sekarang ini merupakan ujian, bukan cobaan. Kita harus mengimani bahwa virus bernama Corona merupakan makhluk ciptaan Sang Maha Pencipta. Dengan demikian, sikap kita harus berusaha supaya LULUS dalam ujian ini. Bukan sebaliknya mencari “kambing hitam” siapa manusia yang berusaha menghancurkan segala sendi kehidupan manusia di bumi seperti sekarang ini dengan membuat dan menyebarkan Covid-19.(ries/r)

Related posts