Ulupi Hapsari Setyowati, S.Pd Guru SMP Negeri 7 dan Guru Berprestasi Kabupaten Klaten – Calon Guru Harus Nasionalis dan Berkarakter Tinggi

Siapa yang tak kenal dengan wanita komunikatif dan murah senyum ini, dia adalah guru berprestasi dari kabupaten Klaten. Menanggapi pemberitaan di Majalah Didik edisi Maret dan di Didik Online terkait dengan pernyataan gubernur Jateng Ganjar Pranowo tentang calon guru di era milenia ini harus berjiwa nasionalisme, berkarakter tinggi, kreatif dan inovatif, sangat setuju. Karena guru itu pondasi dasar atau awal dalam pembentukan karakter bagi anak bangsa yang sekarang ini, sebagian besar masih duduk dibangku sekolah.
Baik dan buruknya anak itu bisa dilihat dari anak itu dibangku SD. Karena mereka masih mudah diarahkan dan selalu turut serta akan apa yang diajarkan oleh gurunya.
Calon guru kedepan harus profesional. Dalam hal ini luas jabaranya, namun satu hal yang utuh dan tidak boleh ditinggalkan yaitu skill dan berkepribadian yang tinggi. Guru harus cinta kepada bangsa dan negaranya, dan didalamnya harus mencakup tataran guru yang profesional. Guru harus bermoral baik, cinta anak, keluarga, dan selalu hormat dan patuh pada aturan yang berlaku. Pemimpin adalah guru yang harus digugu dan ditiru. Karena itulah calon guru kedepan harus menguasai IT karena di jaman milenia guru harus bisa mengikuti perkembangan jaman. Apa yang saya ungkapkan ini adalah tubtutan para dewan juri pada saat para guru berprestasi menerima wejangan atau amanah dari para pejabat dinas dan pimpinan daerah saat itu. Guru berprestasi itu pilihan dan untuk menjadi guru itu harus melalui proses waktu dan seleksi ilmiah yabg ketat. (Ries/r)

Related posts