Mutu Pendidikan Indonesia Ingin Maju, Carilah Calon Guru Masa Depan Yang Bermutu

Rubrik Laporan Utama April 2020

Mutu Pendidikan Indonesia Ingin Maju, Carilah Calon Guru Masa Depan Yang Bermutu

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki kualitas atau mutu pendidikanya hebat. Kata hebat itu jabaranya luas. Minimal sarjana S1, S2, S3, bahkan Profesor. Itupun belum cukup, masih harus nemiliki trek record yang tinggi. Berperilaku yang baik atau berkarater tinggi, berbudi pekerti yang baik. Kemudian memiliki keterampilan (skill) yang tinggi dalam segala hal. Khususnya yang terkait dengan proses pembelajaran.
Setiap kali memberi sambutan dalam acara apapun yang terkait dengan pendidikan, gubernur Jateng Ganjar Pranowo kepada wartawan selalu menekankan arti pentingnya guru di dalam pembangunan bangsa dan negara. Amerika, Inggris, Jerman, Perancis, Vinlandia dll nya, kualitas pendidikannya bisa dibanggakan. Kita harus bisa seperti mereka. Kedepan kita harus ketat dalam mencari calon guru. Guru itu menurut Ganjar Pranowo adalah pondasi dasar atas maju mundurnya suatu negara.
Paket lengkap itu harus terwujud, ungkapnya.
Dalam orasinya di SMK Negeri 8 Solo lalu, gubernur minta kepada sekolah ketika mencari guru, harus selektif dengan mepertimbangkan berbagai aspek. Paket lengkap itu selain menguasai teori dan praktek, juga harus berkarakter yang tinggi, berbudi pekerti yang tinggi serta harus kreatif dan inovatif dsb. Ganjar Pranowo saat itu juga memberikah petuah soal kedisiplinan, etika, dan patuh kepada tatanan dan aturan yang berlaku.
Guru harus cinta tanah air Indonesia, nasionalisme, cinta Pancasila dan UUD, 45. Guru harus hebat dalam segala hal. Satu kata NKRI itu harga mati, tutur Ganjar menambahkan. Skill itu bisa diciptakan, tetapi kalau sikap, attitude itu susah susah gampang. Membangun etos kerja yang baik itu butuh waktu, imbuh Ganjar Pranowo yang juga lulusan UGM, satu almamater dengan presiden RI Joko Widodo. Mari kita kejar kualitas pendidikan kita melalui tekad dan semangat kerja. Agar kita tidak tertinggal jauh dengan negara lain.(Ries/r)

Related posts