MBS HAMKA SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta

H. Sukidi, SAg, MPd – Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta

SOLO, SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang juga sering dikenal di lingkungan masyarakat dengan SMP Simpon, karena awalnya merupakan gang atau jalan Simpon dan sekarang sudah berubah menjadi jalan Flores. Letak SMP Muhammadiyah 1 Surakarta ini sangat strategis berada di jangtung kota yang dekat dengan Gapura Gladak Kraton Surakarta, Balai Kota Surakarta, Bank Indonesia, dan berada di sebelah selatan kantor Pos Pusat Solo.

SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta merupakan sekolah yang sudah berdiri lama, sejak 1 Agustus 1952 resmi berdiri sesuai dengan SK atau Surat Keputusan Muhammadiyah bagian pengajaran cabang Surakarta, dan setiap tanggal 1 Agustus selalu dirayakan dengan berbagai macam kegiatan sebagai Milad Sekolah.

Dalam perkembangannya SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo sekarang mempunyai dua kelas program, yaitu kelas Program Khusus (PK) dan kelas Unggulan (regular) yang semuanya menggunakan kurikulum 2013 dan menggunakan system fullday dalam pembelajarannya.

Keunggulan dari kelas PK adalah mengutamakan hafalan Al Qur’an dengan target dalam satu tahun mencapai 1 juz atau sesuai dengan kemampuan siswa dalam menghafal, yaitu semester 1 dalam tatap muka harus selalu setoran hafalan dengan target minimal 5 halaman dan juga dibantu dengan agenda Dauroh di MBS Hamka yang letaknya tidak jauh dari sekolah, dimana siswa harus menginap / mabit selama 3 hari 2 malam dan targetnya hanya hafalan saja dengan minimal hafalan 5 halaman, sehingga dalam satu semester siswa dapat menghafal sebanyak 10 halaman dan dalam satu tahun baik dari semester satu atau dua dapat menghafal sebanyak minimal 20 halaman setara dengan 1 juz Al Qur’an.
Selain itu kelas PK juga dibekali dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab yang juga merupakan keunggulan dari kelas PK itu sendiri, dan juga kegiatan-kegiatan lainnya seperti outbond, parenting, in house training (IHT), dan juga outing class lainnya.
Untuk kelas Unggulan (regular) juga mempunyai beberapa kegiatan yang mendukung kemajuan siswa diantaranya belajar membaca Al Qur’an karena juga masih banyak siswa yang belum lancar dalam membaca Al Qur’an ini, selain itu juga pengembangan ekstrakurikulernya.

Dalam tahun ajaran 2020/2021 kedepan sekolah selalu mengenalkan SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta kepada masyarakat melalui berbagai cara diantaranya kegiatan outing class bagi siswa sekolah dasar (SD) selama sehari belajar dan bermain di SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo, selain itu juga adanya berbagai macam lomba tingkat SD, tryout UN dengan system komputer, sosialisasi ke sekolah sekolah SD, dan tidak lupa selalu mmberikan berita update / terkini seputar kegiatan sekolah baik melalui media cetak, televise maupun online.

Diharapkan dalam tahun ajaran ke depan SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo dapat mencapai target dalam penerimaan peserta didik baru yaitu 4 kelas untuk kelas PK dan 6 kelas untuk kelas Unggulan.

Related posts