Dr. Tukiyo, M.Pd (Wakil Rektor II UNWIDHA) Klaten GURU YANG BAIK HARUS PENUHI 4 KRITERIA

UNWIDHA Klaten salah satu diantara universitas swasta yang sejak berdiri hingga sekarang tetap berkomitmen pada kualitas dan mutu lulusanya artinya sarjana kami harus trampil sesuai dengan bidang studinya, dan harus siap menjawab tuntutan perkembangan jaman serta siap kerja baik di Dunia Usaha dan Industri (DUDI) atau instansi negeri maupun pemerintah.
Menjawab pertanyaan Majalah DIDIK tentang kriteria guru yang baik seperti apa, doktor Tukiyo yang lulusan S3 Program Pendidikan ini lebih lanjut mengatakan sangat setuju jika calon guru harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dan loyal terhadap dunia pendidikan, atau lembaga pendidikan dimana ia mengajar. Selain harus lolos dari uji 4 kompetensi guru harus berkarakter tinggi. Menyatakan pula bahwa Pancasila dan UUD 45 merupakan pondasi dasar negara kesatuan Republik Indonesia. Bahkan hati nuraninya harus tertulis NKRI adalah harga mati, tukasnya.
Empat kompetensi itu adalah Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional. Penjabaran pedagogik antara lain bagaimana kemampuan dalam cara mengajarnya, etikanya, seperti apa kemampuan dalam berkomunikasi dengan orang lain, serta kemampuan dalam mengajar sesuai dengan bidang studi yang diampunya. Mengapa hal ini harus diutamakan sebelum resmi diterima menjadi guru. Kita tahu dan harus menggarisbawahi bahwa maju mundurnya suatu negara atau bangsa tergantung dari sejauhmana kualitas dan mutu pendidikanya.
Karena itulah UNWIDHA yang juga memiliki fakultas pendidikan juga bertekad dan sudah berbuat untuk menjadikan mahasiswanya yang notabene calon guru, menyatakan diri siap sedia memajukan kualitas pendidikan.
Menyinggung tentang kebijakan yang ada, utamanya soal program beasiswa, menurut Tukiyo ada tiga yaitu beasiswa PPA, Bidik Misi, dan dari Yayasan Pendidikan Indonesia UNWIDHA Klaten. Satu hal lagi bahwa sistem pembayaran di UNWIDHA Klaten masih seperti dulu, bisa bayar
langsung ke kampus atau bisa via bank BNI/BRI.
Sampai saat ini UNWIDHA masih tetap seperti dulu yaitu FKIP, Teknologi Pertanian, Teknik, Psikologi dan Kesehatan, Ekonomi dan Ilmu Komputer. Kuliah diselenggarakan pagi dan sore/malam. Satu hal yang menyenangkan bahwa UNWIDHA sudah memiliki sarana dan prasarana perkuliahan yg lengkap dan jumlah MARU tahun 2020 diprediksi ribuan. Tutur Doktor Tukiyo. (Ries/r)

Related posts