Serunya, Outing Class SDM 1 Ketelan Eksplorasi Dunia Ikan

SOLO – SD Muhammadiyah 1 Ketelan melaksanakan pembelajaran di luar kelas kunjungi Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Surakarta. Outing Class kali ini diikuti sebanyak 139 peserta didik dari kelas 2 ABCD mulai pukul 09.00, Kamis (20/2/2020).

Sebelum keberangkatan menuju Perikanan Manahan dimulai dengan upacara pembukaan. Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah Hj. Sri Sayekti MPd.

Dia berpesan, outing class kaya akan manfaat yang baik. Semoga tahun depan bisa bisa berjalan terus menerus, ikuti dengan baik dan sesuai arahan ibu bapak guru dan instruktur.

Ikut membersamai Wali Kelas Ani Rahmawati, Dwi Suparwanto, Siti Zakiyah Rakhmawati, Kustinah Purwani dan guru pendamping.

Dwi Suparwanto manuturkan ikan merupakan aset yang terbesar dan sangat banyak gizinya. Siswa belajar senyatanya, fakta negara Indonesia terbesar area perairan yang sangat banyak ikannya.

“Kegiatan dilakukan sesuai tema pembelajaran merawat hewan dan tumbuhan. Sehingga pendidik dan peserta didik mampu mengenal dan memanfaatkan lingkungan sekitar, yang muaranya memperluas wawasan serta pengetahuan mereka,” kata Dwi.

Dengan tujuan menjelajahi dunia ikan para siswa disuguhi jenis-jenis ikan seperti ikan koi, mas, lele, gurame, nila, dan budidaya ikan air tawa dan manfaat makan ikan, serta dilanjutkan memberi makan ikan.

Siswa begitu antusias mencoba setiap percobaan dan permainan di sana. Outing semakin seru saat menangkap ikan menggunakan jaring di kolam yang diberikan ikan kecil untuk ditangkap.

“Alhamdulilah tadi aku bermain sama teman-temanku dan membaca Gemar Makan Ikan (Gemari) bertujuan menumbuhkan gemar makan ikan sejak dini, mewujudkan generasi sehat, hebat, cerdas dan kuat,” kata Gibran salah satu siswa berbakat multi talenta.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko mengatakan pembelajaran di luar kelas bisa meningkatkan kesehatan anak, melibatkan mereka dalam pembelajaran mendorong keterikatan anak dengan alam.

“Bermain bukan hanya mengajarkan keterampilan tapi juga bisa memahami value penting kehidupan, seperti daya tahan, kerja sama, dan kreativitas, dan hal yang pokok bagi anak untuk menikmati masa kecil mereka,”pungkasnya.

Related posts