SMK Wikarya Gelar Worksop KTSP Datangkan DUDI

Karanganyar – Dalam penyelarasan kurikulum bisa dilakukan dengan banyak hal. Unsur guru, kurikulum, siswa didik dan dunia usaha dan dunia industri harus berjalan selaras dan sinergi. Dengan kurikulum yang baik akan menjadikan siswa menjadi lebih bagus kualitasnya. Diawal pembelajaran proses penyelarasan ini biasa dlilakukan agar dalam mengajar guru kembali ke benang merah kurikulum.

Untuk menyamakan persepsi semua unsur maka SMK Wikarya Karanganyar mengadaka worksop KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dengan program studi yang ada yaitu Multimedia, Perkantoran, kecantikan, Akuntansi dan Pemasaran SMK Wikarya diharapkan mempunyai banyak output yang baik yang bisa terserapdi dunia kerja dengan cepat. Guru dan staff terkait mengikuti workshop KTSP ini dengan penuh antusias dan menjadi seru karena menghadirkan para pelaku usaha dari dunia usaha.

Bambang Eka Purnama yang merupakan salah satu akademisi dan praktisi yang dihadirkan untuk mereview dan memberikan masukan pada workshop ini memaparkan bahwa setiap pembelajaran sebaiknya menghasilkan sebuah produk atau projek. Sehingga dalam 1 semester akan bisa dihasilkan banyak sekali produk yang hasilnya harus dipublikasikan agar masyarakat mengetahui progres dalam sebuah pembelajaran. Jika dibidang akuntansi misalnya, maka bisa dihasilkan video pembelajaran akuntansi dan hasilnya bisa di unggah ke youtube atau portal berbagi video lainnya. Jika jurusannya multimedia akan lebih leluasa lagi. prodi yang ada di SMK Wikarya bisa dijadikan bahan videografi sehingga menghasilkan pencitraan yang baik.

Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa media sosial yang saat ini sangat marak harus dimanfaatkan dengan baik untuk berpromosi. Dengan demikian maka siswa SMK Wikarya akan bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube sendiri dan UMKM yang dibranding. Sehingga ini merupakan penyaluran hoby yang baik dan bermanfaat. Disisi lain sekolah menjadi terpubliakasi yang baik juga di masayarakat.

Joko Riyanto,S.Pd selaku Waka Kurikulum sangat berterima kasih dengan gagasan Bambang yang sebenarnya sangat ringan dan mudah namun jika itu dijalankan akan menghasilkan luaran yang luar biasa dari segala aspek. Joko juga sadar saat ini gadget siswa dan bahkan para guru belum dimanfaatkan secara maksimal sesuai saran Bambang. Maka Joko sangat berharap agar kedepan berbagai kolaborasi dan kegiatan bisa dilaksanakan secara bersamaan dengan UBSI Surakarta.

Related posts