Satu Jam Bersama Dr. Eko Joko Trihatmono, M.Pd – Akhirnya Gelar Doktor Linguistik itu Diraih

Solo – Satu lagi seorang guru dari SMK Negeri 8 Surakarta, bernama Eko Joko Trihatmono, M.Pd berhasil merampungkan studinya S3 Program Pasca Sarjana Doktor Ilmu Linguistik atau dikenal Ilmu Bahasa Jawa. Suatu alasan yang tepat dan masuk akal mengapa pria supel dan komunikatif ini meraih gelar doktor karena selain ia sehari hari guru Bahasa Jawa juga sebagai seorang intertainment pranotocoro dlm segala hal. Suaranya ngebas, bariton, juga memiliki wawasan atau cakrawala tentang kebudayaan jawa.
Direktur Group Kallista ini dikenal orang yang ramah dan ringan dalam segala pekerjaan. Wajar saja kalau dalam menekuni bisnis even organizer dan pendidikan boleh dibilang sukses.Dari sisi ekonomi sudah dibilang lebih dari cukup dan dari sisi ilmu termasuk tinggi. Karena tidak semua guru mampu menempuh pendidikan doktor. Menurutnya ilmu itu penting dan mahal. Kualitas mutu seseorang juga ditentukan oleh sejauhmana tingkat pendidikannya.
Joko Plengeh merupakan panggilan akrab sehari harinya. Lahir di Sukoharjo, 8 Mei 1972. Dia juga penulis aktif di beberapa media, khususnya Majalah Didik. Hasil karyanya saat ini sedang disusun dan akan diterbitkan dalam bentuk buku yang ber ISBN. Buku itu ditulis dan akan dicetak oleh CV. Gema Nusantara. Pemimpin Redaksi Majalah Didik Riestanto, S.Sos, M.Si yang juga teman dekat sang Doktor baru ini merasa senang dan bangga atas teraihnya gelar doktor dari UNS. Pelaksanaan ujian terbuka perolehan Gelar doktor ini berlangsung Rabu, 15 Januari 2020 di ruang Pasca Sarjana UNS. Predikat nilai dari uji kompetensi adalah sangat memuaskan.
Judul disertasinya adalah Tindak Tutur dan Kesantunan Dalam Bernegosiasi Pengadaan Jasa Hiburan Seni Tradisi Karawitan Jawa di wilayah Surakarta. Seperti apa kupasan disertasinya, akan Didik tulis di edisi Maret dan April 2020. Jangan lewatkan dan ikuti terbitan kami secara rutin.(ries/r)

Related posts