LP2A Makam Haji Selenggarakan Workshop di Gedung Pusdiklat Muhammadiyah Darmo Tjahjono Surakarta

Dr. Anwar Hamdani menyerahkan SK kepada Ketua Panitia Regenge Ramadhan H. Sukidi, SPd, SAg, MPdI.

SOLO, Sabtu Kliwon, 25 Januari 2020, Lembaga Pendidikan dan Pengamalan Agama (LP2A) Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo mengadakan Workshop di Gedung Pusdiklat Muhammadiyah Darmo Tjahjono Surakarta. Workshop diikuti oleh seluruh pengurus LP2A, Ikatatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Badan Koordinasi Masjid (BKM), dan Aktivitas Muda Mudi Islam (AMMI) Makamhaji serta takmir masjid seluruh Makamhaji, peserta workshop sebanyak 140 peserta.

Workshop dibuka langsung oleh Ketua LP2A Dr. Anwar Hamdani, MM, MHum, dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan; (1) ummat islam harus menjaga persatuan dan kesatuan serta hormati perbedaan, toleransi terhadap agama lain, (2) Makamhaji sudah saatnya memiliki fasilitas Islamic Center sebagai pusat kegiatan dan dakwah,  (3) kepada seluruh pengurus hendaknya peduli sosial, yaitu membantu para pelajar yang kurang mampu dalam meningkatkan kualitas SDM, (4) hasil workshop hendaknya dilaksanakan tidak hanya menjadi dokumen tertulis, (5) sukseskan dan hadiri kegiatan Gerakan Shubuh Berjamaah (GSB) yang dilaksanakan setiap Ahad pertama dan ketiga yang tempatnya bergiliran, serta (6) siapkan kegiatan ramadhan 1441 M  / 2020 M lebih baik dan semarak.

Kepala Desa Makamhaji Agus Purwanto, SE., juga hadir dan memberikan sambutan; (1) pada tahun 2020 akan memberika bantuan kegiatan untuk LP2A yang selama ini tidak memperoleh dari Anggaran Pemerintah Desa, yang disambut tepuk tangan oleh peserta workshop, (2)  akan mengusahakan lahan untuk Islamic Center, (3) kepada peserta workshop dimohon ikut menciptakan iklim yang sejuk dan kondusif di Makamhaji yang berpenduduk 18.000 dengan jumlah RW 23 dan RT 74.

Ketua panitia workshop H. Gatot Wahyudi menjelaskan, tujuan dari workshop adalah menyusun kegiatan bersama sekaligus sosialisasi program dari masing-masing unit organisasi. Kegiatan dilaksanakan setiap tahun dan diikuti seluruh pengurus serta takmir masjid. Masjid dan Mushalla di Makamhaji sebanyak 53, untuk kegiatan ibadah jumatan ada 40 masjid. Mudzakir selaku ketua IPHI menambahkan, bahwa jumlah jamaah haji di Desa Makamhaji sebanyak 650 orang, kegiatan rutin pengajian setiap bulan dihadiri 350 sd 400 orang, dan untuk tahun 2020 yang akan menunaikan ibadah haji sebanyak 35 orang.

Selain workshop juga dikukuhkan Panitia Regenge Ramadhan 1441 H oleh Ketua LP2A, ditetapkan sebagai ketua H. Sukidi, SPd, SAg, MPdI. Kegiatan Workshop juga dihadiri dari masing-masing ketua organisasi keagamaan; H. Gatot Wahyudi, SH, MH, (BKM), Drs. H. Mudzakir (IPHI), dan Diar Dwi Abrianto (AMMI)

Related posts