Rektor Unwidha Ajak Kepala Sekolah Tingkatkan Mutu Kualitas Kepemimpinannya

Klaten – Dr. Tukiyo M.Pd selaku ketua lembaga penyelenggara diklat (LPD) melakukan penguatan kepala sekolah TK, SD, SMP tingkat Kabupaten Klaten 2019. Kegiatan ini berlangsung melalui 4 tahap yaitu tahap pertama pada tanggal 17-24 September, tahap kedua dilakukan pada tanggal 26 September-3 Oktober, tahap ketiga dilakukan tanggal 5 September – 12 Oktober, dan tahap terakhir dilakukan pada tanggal 16 September – 23 Oktober 2019 yang berlangsung di Hotel Galuh Prambanan. Acara dibuka oleh Wakil Rektor 3 Unwidha, Ir. H. Darupratomo, M.T.

Jumlah perserta yang mengikuti LPD adalah sebanyak 698 orang kepala sekolah yang di ajar oleh Pengajar dari Unwidha dan dari Dinas Pedidikan Kabupaten Klaten. Pengajar dari Unwidha Klaten diantaranya adalah Dr. Tukiyo M.Pd, Dr. Ronggo Warsita M.Pd, M Wahit Syaifuddin S.Pd, M.Pd, Wisnu Nugroho Aji S.Pd, M.Pd, Krisna Penbrinawan S.Pd, M.Pad. Sedangkan pengajar dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten ada 6 orang.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unwidha Dr Tukiyo M.Pd, yang mengatakan bahwa “Kepala Sekolah harus memiliki kemampuan dalam hal Managerial, Supervisi dan Kewirausahaan yang kesemuaannya itu di atur dalam PP No 19 Tahun 2017”. Dr. Tukiyo M.Pd dalam sambutannya mengatakan Bahwa ”Diklat ini di laksanankan atas kerjasama antara UNWIDHA dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS)”. Kegiatan diklat tersebut bisa dikatakan seperti kegiatan belajar mengajar biasanya. Adapun materi dalam diklat tersebut seperti Orientasi program, Pre test, literasi digital, teknika analisis management, pengembangan RKS Dll

Unwidha dalam hal ini di tugasi oleh direktorat jendral guru dan ketenaga pendidikan (KEMENDIKBUD) untuk ikut menyelenggarakan diklat penguatan kepala sekolah dalam diklat ini masing-masing perserta nantinya atau setelah selesai akan menerima sertifikat diklat atau surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan (STTP) yang ditanda tangani oleh kepala lembaga pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah serta dirjen guru dan tenaga kependidikan (KEMENDIKBUD RI).

Dr. Tukiyo M.Pd tegaskan bahwa sertifikat ini sangat berguna bagi para perserta diklat ini juga sebagai salah satu syarat mutlak untuk menjadi kepala sekolah dan juga bisa di pokok untuk syarat keperluan lainnya. Di dalam Sertifikat tersebut terdapat NUKS (Nomor Urut Kepala Sekolah) yang wajib dimiliki  oleh kepala sekolah TK, SD, Maupun SMP. Bersamaan dengan diklat yang diadakan di Klaten, di Solo juga sedang digelar Diklat yang dilaksanakan di berbagai  tempat seperti di UNS, UMS, UNIFET, maupun yang sedang dilaksanakan sekarang ini di UNWIDHA. #SMK Negeri 2 Magelang/red/r

Related posts