PKKMB STMIK dan AT AUB Surakarta bertemakan “Mengikat Perbedaan Dalam Persatuan”

Surakarta – PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan sebuah Perguruan Tinggi untuk mengenalkan dan membekali Mahasiswa Baru agar mengenal bagaimana kehidupan atau suasana pembelajaran di Kampus nantinya apabila mereka sudah mulai masuk sebagai Mahasiwa.

STMIK dan AT AUB pada tahun ini menggelar kegiatan PKKMB dengan tema “Mengikat Perbedaan Dalam Persatuan”. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 5 sampai dengan 7 September 2019. Serangkaian kegiatan diselenggarakan bekerja sama dengan Grup 2 Kopassus Kartasura. Adapun kegiatan yang diselenggarakan dihari pertama adalah koordinasi, hari kedua pengenalan lingkungan dan juga seminar bersama anggota Kopassus yang dilaksanakan dengan tema “Pancasila Sebagai Tonggak Pemersatu Bangsa”, kemudian dihari terakhir yaitu pendidikan karakter yang dipimpin oleh Sersan Mayor Edi Prayitno beserta Tim Satuan Grup 2 Kopassus yaitu Sersan Mayor Roni, Sersan Kepala Reky, Sersan Satu Cesnaedi dan Sersan Satu Eko.
Rerangkaian acara pada hari kedua dibuka dengan Upacara yang dipimpin langsung oleh Dr. Anton selaku Ketua STMIK AUB sebagai Pembina Upacara. Kemudian acara dilanjutkan dengan rerangkaian acara pengenalan suasana kampus. “Pada intinya, kami menyelenggarakan kegiatan pokok selama 2 hari, dan dari tahun ketahun AT (Akademi Teknologi) AUB dan STMIK AUB selalu bergabung untuk menyelenggarakan PKKMB dan bekerja sama dengan Kopassus Grup 2 Kartasura.

“Tujuan diadakannya kegiatan PKKMB ini ada 8 poin yang sudah ada dalam ketentuan PKKMB, kalau dirangkum dari 8 poin itu adalah Menumbuhkan Cinta Tanah Air, kemudian mengenalkan tata kelola kampus, dan juga ada poin terbaru untuk tahun 2019 ini yaitu bagaimana menjadi Mahasiswa di era Industri 4.0 jadi kami berkewajiban mendidik mereka bagaimana memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif. Ada juga pentas seni tadi malam dari OPSS dan juga melibatkan BEM dalam acara ini sehingga Mahasiswa baru Makrab bersama mereka.” jelas Desiana Carda, S. Kom, M. Eng dan juga Joko Rohmadi, M.Pd selaku Ketua Panitia Pelaksanaan PKKMB dari AT AUB dan STMIK AUB.

“Materi yang disampaikan dari kami yaitu PBB dan memupuk jiwa kebersamaan dan Cinta Tanah Air dengan melalui Fun Game. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, mereka sebagai Generasi Penerus Bangsa, pengganti kita kelak, mereka bisa menjadi Mahasiswa yang terbaik, menjadi lulusan yang unggul dan berprestasi. Serta kami berharap mereka selalu menumbuhkan rasa Cinta terhadap Indonesia sehingga diwaktu mereka sukses nanti mereka dapat berperan memajukan Indonesia, bukan lari dari Indonesia.” harapan Sersan Mayor Edi Prayitno selaku Instruktur PKKMB dari Grup 2 Kopassus Kartasura.

Para Mahasiswa baru juga terlihat sangat antusias dalam mengikuti rerangkaian acara PKKMB yang diselenggarakan. “Bagi saya acara orientasi ini sangat berkesan, untuk kedepannya kami berharap semakin baik lagi.” pendapat Agustinus Sani selaku Mahasiswa Baru Prodi dan Jurusan Sistem Komputer. BEM STMIK AUB menjelaskan bahwa pengangkatan tema “Mengikat Perbedaan Dalam Persatuan” ini adalah untuk megikat persatuan karena diakhir-akhir ini di Indonesia banyak terjadi perselisihan antar Suku seperti yang terjadi di Daerah Timur. “Kami dari BEM dan Dosen ingin menjunjung tinggi rasa nasionalisme, karenanya kami bekerja sama dengan Kopassus Kartasura untuk memberi materi.” tambah Fiqih selaku Ketua BEM STMIK AUB.
Kegiatan yang diikuti oleh 50 Mahasiswa baru pada tahun ini berjalan dengan lancar meskipun beberapa Mahasiswa lainnya tidak dapat mengikuti kegiatan karena kondisi kesehatan yang kurang mendukung. #Audi

Related posts