Selempang Simbol Karakter Disiplin

SOLO, SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta terapkan disiplin dengan sebuah selempang yang digunakan siswa untuk kepentingan di luar kelas.

Selempang yang terbuat dari kain yang diberi identitas sekolah dan identitas kelas ini diberikan ditiap kelas, dan tiap kelas mempunyai dua selempang, tiap kelas berbeda warna selempangnya, kelas VII berwarna hijau, kelas VIII berwarna kuning, dan kelas IX berwarna merah dan seluruhnya terdiri dari 24 kelas.

Tujuan dari penggunaan selempang ini adalah untuk membentuk karakter disiplin, dimana siswa jika keluar kelas dan mempunyai kepentingan di luar kelas saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung maka wajib menggunakan selempang ini, sebagai missal siswa keluar untuk ke toilet, keruang guru, ataupun menyelesaikan administrasi lainnya.

Hermawan Lastiyono Humas SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta mengatakan  bawah kegiatan ini diadakan supaya siswa terpantau dan diketahui siapa saja siswa yang ijin kegiatan di luar kelas saat kelas tersebut masih KBM, Kamis (10/1/2019)

Bagi siwa yang keluar kelas dan tidak menggunakan selempang ini maka perlu adanya tindakan teguran atau hukuman yang sifatnya mendidik, misalnya harus menghafal hadidz atau surat dalam Al Quran, Tegas Hermawan.

Duanda Alfita Wibawati salah satu siswa kelas IXE saat wawancara menceritakan bahwa dengan penggunaan selempang ini lebih tertib siapa saja yang akan ijin keluar kelas, jadi hanya terbatas dua siswa saja tiap kelas yang bisa ijin keluar.

Related posts