Menjaga Mutu Pendidikan Mulai Dari Dasar

Pendidikan merupakan sebuah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan suatu kebiasaan dari sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui suatu pengajaran. TK (Taman Kanak-Kanak) ialah suatu tempat untuk memulai pendidikan pertama bagi setiap orang. Dalam pemilihan tersebut tentunya orang tua harus benar-benar memikirkan sekolah mana yang sesuai dan memiliki kualitas yang terbaik.
Lahir di Surakarta 25 Oktober 1964, wanita yang memiliki nama lengkap Anik Mariyani dan kerap disapa bunda Anik ini dipersunting oleh Budi Wiyono pada 18 November 1988 dan dikaruniai dua orang anak. Sekarang Anik tinggal di Mutian RT 3 RW 11 Surakarta. Beliau di daftarkan oleh ayahnya menjadi SPG (Sekolah Pendididikan Guru) pada tahun 1985 dan menambah pengetahuannya di S.Program selama 6 bulan. Beliau dinas untuk pertama kalinya pada tanggal 1 Januari 1985 di TK Aisyiyah 20 Pajang. Pengalaman beliau dalam mengajar sudah tidak perlu diragukan lagi, sejak 34 tahun silam beliau telah menyampaikan ilmunya kepada anak-anak. Sehingga Anik sudah banyak mengerti tentang seluk beluk TK Aisyiyah.
Menurut beliau kontribusi guru dalam kemajuan kota Solo sudah sangat baik karena sekarang sudah ada sertifikasi dan bantuan dari pemerintah melalui seleksi PPG. Dalam seleksi tersebut ada beberapa syarat khusus di antaranya kualitas, masa kerja, serta pendidikan terakhirnya. Dalam setiap harinya TK Aisyiyah 20 Pajang memiliki beberapa kebiasaan untuk menerapkan karakter anak melalui penerapan sikap sopan santun kepada orang lain, hafalan doa-doa, serta surat-surat pendek Al-quran. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak selalu ingat dengan sang pencipta, dan menerapkan Al-quran dalam kehidupan sehari-hari. Guru-guru juga selalu mengingatkan kepada anak-anaknya mengenai budi pekerti yang baik, serta adab-adab dalam melakukan sesuatu. Anak anak sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, para guru juga memiliki cara tersendiri untuk menghadapi anak yang sulit dalam menerima pembelajaran dengan bercerita. Dalam penilaian, guru juga memiliki cara agar anak dapat termotivasi dengan diberikannya simbol bintang pada penilaiannya.
Beliau juga menuturkan bahwa cara menjaga mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan kedisiplinan, menaati aturan dari pemerintah. Guru harus menjadi pedoman bagi siswanya, dan selalu melakukan evaluasi terkait pembelajaran. TK Aisyiyah merupakan salah satu TK yang memiliki banyak kegiatan yang dapat menarik siswanya seperti pentas seni, bazar, qurban, dan outing class. Dalam berbagai kegiatan tersebut anak dilatih untuk peduli terhadap orang lain, percaya diri, ikhlas, dan mengenal berbagai macam budaya daerah. Anik mengatakan bahwa guru tidak hanya yang ada di sekolah namun guru ada di manapun kita berada yang selalu mengingatkan dan memberi pelajaran hidup terhadap kita.
Setiap kali guru selalu melakukan koordinasi terhadap orang tua untuk memberikan informasi terkait perkembangan anaknya. Anik berpendapat bahwa sumber daya manusia sangat mempengaruhi prestasi sekolah. Ketika masuk di TK Aisyiyah ini tidak ada seleksi sebab ini merupakan program wajib belajar dari pemerintah yang mana TK ialah awal pendidikan untuk beranjak hingga ke jenjang yang lebih tinggi nantinya. Di TK Aisyiyah 20 Pajang lebih mengutamakan sistem zonasi yang mana tempat tinggal yang paling dekatlah yang akan diterima. Anak anak di TK ini dalam kegiatan belajar dibagi menjadi berbagai kelompok, untuk kelompok KB berusia 3-4 tahun, kelompok A berusia 4-5 tahun sedangkan kelompok B berusia 5-6 tahun. TK Aisyiyah 20 Pajang ini memiliki 20 orang guru dan 2 orang penjaga sekolah. Ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler di TK Aisyiyah 20 antara lain seni musik, drumband, tahsin, dan bahasa Inggris.
Apa lebihnya TK Aisyiyah dengan TK yang lainnya? Pertanyaan itu pasti akan muncul bagi setiap orang tua yang akan memilihkan sekolah untuk anaknya. TK Aisyiyah memang memiliki keunggulan, yakni lulusan dari TK Aisyiyah sudah mampu untuk membaca Al-quran dan hafalan surat pendek. Dalam mengajar pun guru harus mampu menarik perhatian anak dengan berpakaian rapi, wangi dan cara menyampaikan materi yang menarik. Guru selalu menerapkan kata maaf , tolong, dan berterima kasih kepada setiap orang. Mengingat bahwa sekarang ini banyak orang yang tidak menghiraukan tentang kata tersebut, pendidikan karakter memang perlu diterapkan saat ini.
Selain oleh dorongan orang tuanya, alasan Anik menjadi guru karena termotivasi oleh kata-kata yang dituturkan oleh ayahnya. ”Apabila menjadi seorang guru harus selalu berpenampilan menarik dan jika kita dapat menularkan ilmu kepada banyak orang maka kita akan mendapat pahala yang akan mengalir terus menerus” tutur ayah Anik.
Semua sekolah memiliki keunggulan yang berbeda-beda, dan yang membedakan TK Aisyiyah 20 Pajang dengan TK/sekolah lainnya adalah TK tersebut lebih mengunggulkan keagamaan. Sehingga murid yang sudah lulus, cukup mengerti tentang keagamaan. Contohnya tata cara wudhu, sholat, baca tulis Al-Qur`an, menghafal surat-surat pendek, dan masih banyak lagi. Guru di TK Aisyiyah 20 Pajang wajib mengikuti seleksi, yaitu harus lulus S1 PAUD, mengerti Al-Qur`an, dan bisa bekomunikasi dengan baik. (Dianika / Ira / Niya / r)

Related posts