KETERAMPILAN ARAHKAN MASA DEPAN

Seberapa penting skill atau keterampilan bagi seorang siswa?
Tentu sangat penting
Belum lama ini majalah didik mendatangi salah satu sekolah di kota boyolali, SMK GANESHA TAMA, sekolah ini berdiri pada tahun 1968 dan memiliki 6 jurusan yaitu, Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Pemesinan, Teknik Mekanik Industri, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, dan Rekayasa Perangkat Lunak(RPL). Dalam kunjungan kali ini kami berkesempatan untuk mewawancarai salah satu guru dalam bidang kesiswaan yaitu Drs. Sukandar, lahir di klaten 5 juni 1963. Beliau memiliki seorang istri yang bernama Kartiyah. Sebelumnya beliau adalah seorang guru BK pada tahun 1991 dan diangkat sebagai wakil kepala sekolah pada tahun 2000.
Putra dari Yahmo Sumarjo dan Sumiyem ini mengutarakan pendapatnya mengenai seberapa penting skill / keterampilan siswa dalam menghadapi dunia kerja
Siswa harus memiliki ketrampilan yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupannya setelah lulus dari sekolah. ketrampilan tersebut bisa digunakan saat ia bekerja nantinya. Keterampilan siswa harus siap dan disesuaikan dengan pangsa pasar jangan sampai memiliki keterampilan yang tidak sesuai sehingga tidak laku di pasaran, kecuali mempunyai kelebihan atau keterampilan yang bisa menumbuhkan kretivitas sehingga menjadi nilai lebih untuk siswa tersebut.
SMK Ganesha Tama mempunyai program yang diterapkan untuk mengasah soft skill siswa setiap jurusan. Setiap jurusan pastinya sudah memiliki program, sehingga diharapkan begitu siswa lulus bisa langsung dipasarkan baik di industri maupun dalam bidang kewirausahaan. Jadi tidak harus terserap di industri dan menjadi karyawan tetapi siap menjadi seorang pengusaha atau wiraswasta.
Untuk menunjang keterampilan siswa tentunya SMK ini memberikan fasilitas dengan peralatan yang memadai setiap jurusan. Sehingga siswa tidak merasa kesulitan saat praktik atau ujicoba keterampilan. Salah satu contohnya adalah jurusan TBSM melaksanakan uji ketrampilan melalui workshop tentang perbengkelan. Ketrampilan siswa juga ditampilkan setiap perayaan ulang tahun sekolah, dengan membuka servis yang bekerja sama dengan bengkel resmi Ahaz. Sehingga mereka bisa mengembangkan ilmu yang didapat selama praktik disekolah dengan bimbingan langsung dari teknisi yang professional.
Dalam dunia industri SMK Ganesha Tama bekerja sama dengan PT Daiatsu, Toyota, dan PT Astra Honda Motor. Khususnya untuk siswa jurusan TBSM hanya bisa melaksanakan Prakerin di bengkel resmi Honda dan untuk jurusan lainnya melaksanakan Prakerin di bengkel resmi maupun swasta. Sebelum Prakerin dilaksanakan, pihak sekolah terlebih dahulu memberikan pembekalan kepada siswa, baik yang berkaitan dengan ketrampilan sesuai jurusan masing-masing maupun atitud dalam dunia kerja, sehingga siswa bisa melaksanakan tugas dengan baik sesuai prosedur yang ada di tempat prakerin.
Smk Ganesha Tama, selain mencetak lulusan siap kerja di dunia industri juga mencetak lulusan siap untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dan pendidikan di dunia militer, hal tersebut dibuktikan dengan diterimanya siswa (alumni ) di UGM, UNNES, melalui jalur bidik misi, SMNPTN dan banyak siswa yang saat ini sudah menjadi anggota militer, baik angkatan darat, angkatan laut, maupun angkatan udara.
Meskipun SMK Ganesha Tama merupakan sekolah swasta, akan tetapi dalam penerimaan siswa baru, sekolah ini mewajibkan calon siswa untuk mengikuti beberapa tes, diantaranya tes kecerdasan, tes kesehatan, dan tes buta warna yang diutamakan untuk jurusan TKR, TSM.
Harapan Sukandar untuk SMK GANESHA TAMA adalah Sekolah ini terus berkembang menjadi sekolah swasta terbaik nomor satu di kabupaten boyolali dan selalu diterima masyarakat dan dipercaya untuk menghantarkan anak- anaknya meraih cita cita.

Related posts