Kelompok Bermain (KB) Taman Kanak-Kanak (TK) AISYIYAH 20 PAJANG

Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah merupakan salah satu taman kanak-kanak ternama di kota Surakarta. TK yang beralamat di Tegal Keputren RT 04 RW 05 Pajang Laweyan Surakarta, TK Aisyiyah berdiri pada tanggal 1 Januari 1962.
TK Aisyiyah memiliki 13 orang pengajar pendidikan dan juga 6 orang sebagai guru ekstra. Di sekolah ini memiliki berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler, antara lain: tari, musik, melukis, drum band dan iqra. Tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler ini adalah selain untuk meningkatkan keaktifan siswa, kegiatan ekstrakurikuler ini juga dapat meng-explore kemampuan, minat dan bakat siswa. Untuk saat ini, ekstrakurikuler yang paling diminati di TK Aisyiyah adalah ekstra tari dan ekstra drum band.
Seperti pada TK umumnya, Jam masuk sekolah TK Aisyiyah dimulai dari Pukul 7:30-11:00 WIB sedangkan untuk Kelompok Bermain (KB) dimulai dari Pukul 07:30-10:00 WIB, kecuali hari Jumat, siswa pulang Pukul 10:00 WIB
Sri Lestariningsih, selaku Kepala Sekolah menuturkan bagi Bapak, Ibu, atau wali murid yang ingin menitipkan anaknya untuk menimba ilmu di TK Aisyiyah sangatlah mudah, tidak ada tes khusus untuk masuk ke TK Aisyiyah, persyaratan hanya melampirkan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran. Beliau juga menuturkan kegiatan rutin yang dilaksanakan pun cukup banyak. Antara lain:
1. Awwalussaanah
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di awal tahun ajaran baru. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta didik baru bahwa sekolah itu menyenangkan. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian dan keberanian anak untuk tampil di depan orang banyak.
2. Pentas Seni
Pentas seni diselenggarakan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat anak dalam seni olah tubuh dan suara yang dipandu oleh guru tari dan musik yang profesional, melatih keberanian tampil di depan umum dan menumbuhkan kreativitas sejak usia dini.
3. Outing Class
Outing Class dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembalikan semangat belajar anak dengan melaksanakan pembelajaran di luar kelas sehingga anak-anak bisa bereksplorasi dengan lingkungan secara langsung. Salah satu kegiatan yang pernah dilaksanakan adalah kunjungan ke salah satu pasar, anak-anak di berikan uang untuk berbelanja sesuai keinginan mereka. Tentunya kegiatan ini akan menumbuhkan sifat keberanian dan siswa bisa lebih mengenal lingkungan sosial disekitar mereka.
4. Out Bound
Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun di awal semester 2, tujuannya adalah untuk melatih keberanian anak, kerja sama, kreativitas dan menumbuhkan sikap mandiri.
5. Parenting
Parenting dilaksanakan setiap setahun sekali dengan menghadirkan pakar-pakar parenting. Kegiatan ini sebagai sarana/wadah untuk orang tua dan pihak sekolah menimba ilmu tentang anak didik serta dapat menjalin hubungan baik antara sekolah dan orang tua wali murid.
6. Bakti Sosial
Sekolah ini juga rutin mengadakan Bakti Sosial (baksos) dan pengajian, tujuannya agar mendekatkan orang tua wali murid dengan pihak sekolah, menumbuhkan jiwa sosial dan sifat saling berbagi.
Fasilitas yang diberikan juga cukup banyak, antara lain ada taman bermain, ruang kelas yang luas, bersih dan rapi, Dan masih banyak fasilitas lain yang memadai. tempatnya juga sejuk dan nyaman. Anak-anak tentunya akan sangat betah dan semangat dalam belajar, TK ini juga memiliki kalender pendidikan yang sistematis, kegiatan yang dilaksanakan pun rata-rata berhasil dan sesuai dengan keinginan.

Related posts