Omah Wayang di Klaten Lestarikan Budaya Bangsa

Klaten – Budaya di Indonesia terkhususnya jawa sangatlah beragam mulai dari bidang musik yaitu gamelan, lagu keroncong, dan alat musik tradisional, ada juga di bidang koreografi tari, seperti tari kelinci, tari gambyong, tari bondan, tari serimpi dan masih banyak lagi, selain itu juga ada dibidang kerajinan, seperti batik, patung ukir, keris, gerabah, dan wayang.

Wayang adalah seni kerajinan serta seni pertunjukan asli Indonesia yang berkembang pesat dipulau Jawa dan Bali. Wayang juga sudah ditetapkan menjadi pertunjukan boneka tersohor dari Indonesia oleh UNESCO. Wayang juga memiliki banyak jenis yang digolongkan menurut bahan pembuatannya, seperti wayang kulit jenis wayang purwa, wayang madya, wayang gedog, wayang dupara. Wayang Bambu, Wayang Kayu, Wayang Moteker dan masih banyak jenis-jenis wayang lainnya. Wayang kulit ini juga berkaitan erat dengan gamelan.

Di klaten terdapat tempat pasinaon atau tempat pembelajaran tentang budaya Jawa, terutama wayang, gamelan dan tarian yaitu “Omah Wayang Dewi Fortuna”. Omah Wayang ini terletak di jalan Arimbi no 2, Dukuh Jombor, Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan. Omah Wayang ini berasal dari kata omah yang berarti rumah dan wayang yang berarti wayang. Di omah wayang ini kita bisa mengenal wayang, tarian, dan gamelan. Di omah wayang ini kita bisa belajar menjadi dhalang, sinden, pemain gamelan, dan penari. Di omah wayang ini juga sering menggelar petunjukan wayang kulit dan kethoprak, dengan menggunakan dhalang dan shinden dari orang-orang yang sudah belajar di omah wayang ini. Pertunjukan di Omah Wayang ini tidak dipungut biaya sedikitpun.

Di omah wayang ini juga banyak kostum-kostum untuk kethoprak yang dibuat sendiri dibagian penjahit omah wayang. Omah wayang juga menjual banyak souvenir-souvenir yang dijual dengan harga yang terjangkau.

Related posts