Christina Endah S, S.pd Guru Mapel Kesenian SMP NEGERI 8 SURAKARTA UNGGULKAN EKSTRAKURIKULER TARI

 

Selain pembelajaran didalam ruangan pembinaan siswa juga dapat dilakukan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler juga didasari atas tujuan dari pada kurikulum sekolah. Melalui ekstrakurikuler yang beragam siswa dapat mengembangkan bakat, minat serta kemampuannya. Dalam hal ini kegiatan yang berada di alam ruang lingkup Sekolah atau Perguruan Tinggi maka suatu kegiatan tersebut juga memerlukan rencana program kerja atau sering disebut juga dengan proker yang nantinya akan dijadikan acuan para anggotanya untuk menjalankan kegiatan.

Sama halnya dengan yang diutarakan oleh Christina Endah S, S.Pd selaku guru kesenian dan pengampu kegiatan ekstrakurikuler tari, karawitan, pramuka,dan juga vokal di SMP NEGERI 8 SURAKARTA. Beliau sangat mahir dalam bidang tari. Terbukti dengan usaha beliau yang telah mengajarkan berbagai tarian kepada siswa-siswanya hingga mendapatkan kejuaraan di berbagai perlombaan tari. Salah satu kejuaraan yang pernah didapatkan adalah juara 3 lomba tari yang diadakan oleh SMK NEGERI 8 SURAKARTA.

Christina memiliki banyak keahlian dalam berbagai bidang. Terbukti beliau menjadi pengampu di berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Lahir di Surakarta,6 September 1972. Beliau alumni dari SD Ngringo 4,SMP Kanisius 1, dan SMK I yang sekarang menjadi SMK 8 Surakarta. Dan beliau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di Institut Keguruan di Yogyakarta(IKIP). Christina juga memiliki banyak pengalaman,yaitu Wiyata Bhakti tahun 1998 di depdikbud di pasar kliwon selama 5 th, pada tahun 2003 menjadi guru bantu,kemudian pada tahun 2005 masuk di SMP 8 Surakarta sampai sekarang. Ia sangat senang dalam menjalani segala kegiatannya.

SMP NEGERI 8 Surakarta memiliki 14 ekstra,diantaranya ekstratari, kerawitan, pramuka, vokal, olahraga, dan masih banyak ekstra yang lain. Anak dari tiga bersaudara ini menuturkan bahwa di SMP 8 Surakarta memiliki beberapa ekstra unggulan yaitu pencak silat,tari,dan olahraga. Ekstrakurikuler karawitan juga pernah mendapatkan juara 2 di SA tingkat Smp. Pelaksanaan ekstra dilakukan setelah jam pelajaran(KBM) selesai, sekolah memberikan waktu pelaksanaan ekstra selama 2 jam. “Penting sekali,karena mewadai anak yang mempunya bakat dan mereka menyalurkannya melalui kegiatan ekstra disini” tutur Christina tentang pentingnya ekstrakurikuler di sekolah. Ibu yang kerap disapa Endah ini beranggapan bahwa ekstrakurikuler dapat membentuk karakter anak agar menjadi lebih percaya diri dan lebih bertanggung jawab. Ia berharap siswa-siswanya tidak hanya memiliki kemampuan akademik saja,tetapi mereka juga memiliki ketrampilan non akademik yang nantinya akan dijadikan sebuah pengalaman.

Menurut christina seni itu tidak ada jeleknya,seni dipakai dimanapun termasuk olah rasa. Dalam menjalankan kegiatan ekstrakurikuler Christina tidak perlu menggunakan cara kekerasan yang terlalu mengekang siswa, kegiatan kegiatan ekstra dibuatnya menjadi senang sehingga anak menjadi enjoy dalam mengikuti kegiatan selanjutnya. Beliau sangat bangga menjadi seorang guru kesenian. Dengan bertemu anak anak,beliau juga merasa senang karena banyak karakter-karakter yang dihadapinya. (Dianika/Ira/r)

Related posts