Argowisata Sondokoro Dan Pabrik Gula Peninggalan Sejarah Belanda

 

Karanganyar –  Pabrik Gula ini berada di Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Pabrik Gula Tasikmadu didirikan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo/ KGPAA Mangkunegoro IV pada tahun 1971 yang berada di desa Sondokoro. Konon desa Sondokoro menurut legendnya padepokan padas plapar mempunyai beberapa murid diantaranya bernama Sono dan Koro yang mempelajari ilmu tingkat tinggi. Objek wisata Sondokoro  sendiri dibangun sejak 2005 dan resmi dibuka sebagai objek wisata pada tahun 2006. Dulunya, kawasan ini memang murni hanya sebuah pabrik gula biasa.  Namun sejak dibuka sebagai tempat wisata, pabrik gula ini semakin terkenal dan ramai dikunjungi  wisatawan dari berbagai daerah.

Untuk masuk ke tempat Argowisata Sondokoro  cukup membayar parkir Rp. 2000 untuk sepeda motor dan untuk mobil Rp. 5000, dan tiket masuknya Rp. 5000, tempat parkir yang disediakan sangat luas. Tetapi untuk mencoba wahana  yang lain harus membayar  tiketnya  di depan loket masing-masing wahana. Wahana favorit yang sering di mainkan ialah kereta lokomotif mesin uap, karena mereka akan diajak berkeliling Pabrik Gula Tasikmadu. Dan wahana yang kedua yaitu kolam renang, karena anak-anak senang berenang, dan kolam renangnya sangat banyak dari untuk anak-anak sampai dewasa.

Di lokasi wisata Argowisata Sondokoro ini memang ada banyak wahana dan juga fasilitas wisata yang cukup lengkap. Beberapa wahana dan fasilitas di Argowisata Sondokoro;

Wahana :

  1. Argo sehat jalan refleksi
  2. Arena berenang
  3. Aquarium air tawar
  4. Flying fox
  5. Jaring laba-laba
  6. Jembatan gantung
  7. Terapi ikan
  8. Wisata pabrik gula
  9. Kereta lokomotif mesin uap
  10. Taman air

Sedangkan fasilitas yang bisa dinikmati oleh para wisatawan :

  1. Tempat parkir
  2. Tempat ibadah
  3. Tempat makan
  4. Toilet
  5. Live musik
  6. Toko souvenir
  7. Homestay
  8. Gazebo.                (Mania & Novita)

Related posts