Joko Kiswanto Pengelola dan Wakil Pemimpin Objek Wisata Danuwoh SUKSES DENGAN MEMBACA PELUANG USAHA

Seiring dengan perkembangan dunia pada sektor wisata semakin meningkat saat ini. Perkembangan ini dapat diamati pada aktivitas sehari hari,dimana sebagian besar aktivitas tersebut tidak dapat lepas dari peranan sektor wisata. Salah satu sektor wisata yang memiliki peranan yang cukup bagus untuk olahraga dan bersantai ialah wisata kolam renang. Wisata kolam renang umum biasanya ialah bagian dari pusat kebugaran jasmani atau taman rekreasi, dengan fasilitas-fasilitas lainnya meliputi waterboom,tempat bermain anak,dan rumah makan. Pentingnya wisata kolam renang tersebut tercermin pada meningkatnya kebutuhan akan tempat kolam renang bagi semua orang dari kalangan anak-anak sampai orang tua seiring meningkatnya perkembangan penduduk saat ini. Dalam hal ini diperlukan suatu generasi muda yang mampu membaca peluang dengan baik untuk membangun sebuah usaha.

Beda halnya dengan yang diutarakan oleh Joko Kiswanto selaku pengelola dan wakil pemimpin dari objek Wisata Danuwoh,beliau sangat pandai dalam membaca sebuah peluang usaha. Terbukti dengan usaha yang ia jalani sekarang mebuahkan hasil.Ia mengawali sekolah di SD Negeri 5 Boyolali,lalu melanjutkan sekolah ke SMP Negeri 2 Boyolali dan akhir sekolahnya SMEA atau sekarang menjadi SMK Negeri 1 Boyolali.Walaupun jurusan tidak ada sangkut materi dengan bisnis yang ia jalani saat ini tetapi penghasilan yang ia dapat sangat menjanjikan.

Anak dari Yoso Soekarto ini memulai usaha dengan membuka wisata kolam renang yang di beri nama Danuwoh,nama Danuwoh itu sendiri diambil dari nama desa setempat. Dengan naluri bisnis ia memanfaatkan lahan yang memiliki sumber mata air untuk dikelola menjadi suatu objek wisata yang lebih bermanfaat. Bekerja sama dengan kontraktor yang ahli wisata ini dibangun pada tahun 2016 dan selesai pada tahun 2018 .Tempat parkir yang belum cukup memadai pun ia mempunyai solusi dengan membuat tempat parkir yang bertingkat dan bekerja sama pada masyarakat setempat untuk mengatur parkir.Memperluas lahan parkir juga merupakan rencana pengembangan objek wisata tersebut. Dengan lahan yang tidak begitu luas Wisata Danuwoh masih ingin merencanakan untuk memperluas area parkir,dan ingin menambah kolam renang  muslimah.

Lahir pada 18 Mei 1968 tidak pernah mematahkan semangat beliau dalam menjalani usaha ini,meskipun di usia yang tidak muda lagi.Beliau juga sangat peduli dengan masyarakat sekitar terbukti dengan karyawan yang ia pekerjakan sebagian besar dari sekitar wilayah Wisata Danuwoh ini.Ia tidak terlalu memberikan syarat kepada karyawan yang ingin bekerja disana,karyawan tetap yang sekarang ini bekerja di Danuwoh ada sekitar 30 orang dan ada tambahan karyawan sekitar 25 orang pada musim liburan.Wisata ini pertama kali dibuka untuk pengunjung pada lebaran tahun 2018. Bapak yang kerap disapa Joko ini menuturkan bahwa banyak masukan dari pengunjung terkait dengan penghijauan yang akan membuat wisata lebih terlihat asri,indah dan membuat pengunjung lebih nyaman, namun ia masih memikirkan dan memilih tumbuhan apa yang cocok untuk jenis tanah yang ada ditempat ini.Kira-kira pada Januari ini Wisata Danuwoh akan melakukan penghijauan menginggat semakin dikenalnya wisata ini diseluruh Jawa Tengah.

Anak ketiga dari tiga bersaudara ini menuturkan bahwa banyak pengunjung yang merasa puas dengan kualitas air yang ada di tempat ini karena diambil dari sumber mata air langsung.Dan Wisata Danuwoh ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang dengan berbagai ketinggian,ruang pertemuaan,tempat parkir,restaurant,kamar mandi,live music,tempat bermain,penyediaan pos keamanan,dan berbagai spot foto yang menarik.Bapak Joko mempromosikan wisata ini melalui media sosial dan penjualan voucer yang berlaku selama setahun dengan berbagai diskon yang menarik pengunjung.Selama penjualan voucer,sudah dikeluarkan 5000 voucer terjual di Solo Raya.Peningkatan pengunjung juga ia rasakan, biasanya hanya ratusan pengunjung yang datang tetapi setelah musim liburan tiba pengunjung melonjak hingga ribuan.Dalam promosi menggunakan voucer ini ada keuntungan dan kerugian yang dialami, namun beliau mengatakan dengan sistem ini Wisata Danuwoh bisa lebih dikenal ke berbagai daerah.Keuntungan dalam sistem ini yaitu Wisata Danuwoh bisa terkenal diberbagai daerah diluar Boyolali yaitu antara lain di Jogja,Klaten dan sekitarnya.Kerugian dalam sistem ini ada namun tidak terlalu berpengaruh dalam keuangan diperusahaan itu,Danuwoh juga memiliki potensi dari faktor kuliner,dan kuliner ini dihasilkan dari berbagai sumber daya alam disekitar Wisata Danuwoh,contohnya perikanan,sayur sayuran dan berbagai SDA lainnya.

Untuk mengembangkan obyek wisata yang ada disana,Danuwoh menambah potensi obyek wisatanya yaitu dengan membangun kolam renang yang dikhususkan untuk wanita berhijab,dalam pembangunan kolam renang itu sendiri obyek Wisata Danuwoh memiliki kelebihan dalam hal sumber mata air yang alami. Beliau menuturkan bahwa pendidikan dan pengalaman harus seimbang dalam menjalankan sebuah usaha. Ia juga pernah mengalami suka duka dalam menjalankan usahanya,suka dalam  menjalankan usaha ini ialah dapat menjadikan pengunjung puas terhadap pelayanan dan dukanya ialah masalah cuaca yang tidak bisa ditebak mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang. Pesan Joko untuk para generasi muda ialah untuk terus semangat,giat dan pandai dalam membaca peluang usaha yang ada.(Niya Enjelia/Hanang Edi/r)

Related posts