Wow! Inilah Manfaat Lari Zig-zag untuk Kesehatan

Lari Zig-zag merupakan salah satu jenis olahraga yang sudah tidak asing lagi bagi manusia, terutama pada kalangan pelajar. Sebab saat pelajaran Penjaskes pasti lari ini menjadi suatu pokok materi yang dipelajari serta dipraktekan di sekolahan. Langkah dalam melakukannya pun tergolong cukup mudah, meskipun harus belakbelok lintasannya tetapi gerakan ini justru menjadi ciri khas tersendiri yang begitu unik.  Jarak yang ditempuh untuk mempraktekan lari Zig-zag tersebut tidak begitu jauh, biasanya hanya satu meter antara beberapa titik. Jika Anda ingin mencobanya tenang saja, karena tidak perlu harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak. Sebab media yang digunakan untuk mempraktekan olahraga ini cukup menggunakan suatu benda untuk menjadi pembatas lintasan, misalnya seperti bola, botol maupun yang lainnya. Berikut ini akan disajikan pemaparan mengenai manfaatnya untuk kesehatan.

  1. Mencegah Jantung Koroner

Orang yang rutin mempraktekan lari Zig-zag biasanya akan terhindar dari penyakit  jantung koroner. Kinerja organ tersebut pun akan semakin lancar, serta irama detaknya teratur. Maka dari itu mari mulai dari sekarang cobalah untuk membiasakan diri melaksanakan olahraga seperti ini agar tubuh kita senantiasa sehat dan bugar. Namun

tentunya pola makan juga harus diimbangi dengan yang bergizi agar hasilnya lebih optimal.

  1. Mengencangkan Otot Kaki

Salah satu khasiat dari memperagakan lari Zig zag yaitu dapat membantu  megencangkan otot, terutama pada bagian kaki. Dengan seperti ini keseimbangan tubuh Anda otomatis akan semakin stabil. Selain itu juga berperan untuk melancarkan metabolisme, sehingga tidak ada timbul suatu sumbatan di dalam tubuh. Untuk itu lakukanlah secara rutin olahraga tersebut.

  1. Meningkatkan Kelincahan Tubuh

Rajin lari Zig-zag baik pada waktu pagi maupun sore hari, ternyata bermanfaat sekali untuk meningkatkan kelincahan tubuh. Hal ini biasanya sering dilakukan oleh para pemain sepak bola, agar tubuh semua anggota timnya semakin cepat dan seimbang dalam menggiring bola. Untuk itu rutinlah mempraktekannya ya? Meskipun Anda bukan seorang atlet tetapi ada baiknya jika  mencobanya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mempraktekan lari Zig-zag secara rutin berkhasiat mampu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang mengalami masalah obesitas, sebaiknya cobalah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari atau jadikanlah sebagai suatu kebiasaan. Kalau olahraga ini dilakukan secara telaten, pasti akan membuahkan hasil yang tentunya tidak akan  mengecewakan.

  1. Sistem Pernapasan Jadi Lancar

Tanpa disadari ternyata saat melakukan lari Zig-zag, kinerja sistem pernapasan semakin lacar. Hal tersebut dapat terjadi karena otot yang ada pada bagian dada semakin terlatih, sehingga kapasitas oksigen dalam tubuh akan tercukupi dengan baik. Oleh karena itu mari biasakan berolahraga secara rutin, supaya kondisi tubuh selalu terjaga kesehatannya.

  1. Mencegah Sembelit

Gerakan lari Zig-zag berguna sekali dalam mencegah sembelit. Sebab dengan mempraktekannya, anggota badan akan bergerak semua terutama pada bagian perut atau pencernaannya. Sehingga BAB pun akan lancar, dan ini sangat cocok sekali diperagakan buat Anda yang sedang menjalankan program diet sehat.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Lari Zig-zag bermanfaat mampu dalam melancarkan sirkulasi darah manusia. Efek positif di dalam tubuh yaitu bisa membantu melenturkan otot di sekitar pembuluh darah. Sehingga aliran daranya  lebih lancar mengalir pada seluruh bagian badan.

  1. Meningkatkan Mood

Jika Anda sedang mengalami suasana hati yang kurang menyenangkan, cobalah untuk

memperagakan lari Zig-zag. Sebab kabarnya olahraga ini bermanfaat mampu meningkatkan mood seseorang. Selain itu, rasa penat atau beban pikiran yang mengganjal pun akan sedikit hilang dan terasa fress kembali.Untuk itu silahkan mempraktekannya.

  1. Mencegah Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus atau kencing manis merupakan suatu jenis penyakit yang tergolong bahaya. Jika Anda mengalaminya, maka sebaiknya harus segera ditangani agar tidak semakin parah. Caranya yaitu dengan menjaga pola makan, lebih rajin berolahraga misalnya melakukan lari Zig-zag secara rutin, paling tidak dua kali dalam seminggu.

  1. Menjaga Keseimbangan Hormon

Bagi sebagian orang di dunia ini pasti ada yang pernah mengalami gangguan hormonal.

Biasanya kelainan ini diakibatkan karena terjadi ketidakseimbangan hormon pada tubuh manusia. Namun jangan khawatir sebab jika rajin melakukan lari Zig-zag, kabarnya mampu membantu menjaga keseimbangannya, dan terhindar dari timbulnya  penyakit berbahaya. Sekian pembahasan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk menambah khazanah keilmuan Anda dalam bidang kesehatan. Silahkan mencobanya. (her/*)

Related posts