Persiapkan Anak ke Dunia Kerja Dengan Praktek Kerja Lapangan

Berbarengan dengan musim libut panjang kenaikan kelas dan Tahun Baru 2019, banyak sekolah sekolah yang memanfaatkan hal tersebut sebagai sarana untuk memberikan pelatihan kerja kepada siswanya dengan jalan On The Job Training (OJT) atau sering disebut Praktek Kerja Lapangan. Kegiatan ini ditujukan kepada siswa SMK kelas XI yang beranjak naik kelas XII, karena dianggap sudah mendapat pembekalan yang cukup dari sekolahan. Hal ini yang juga diterapkan oleh  SMK Negeri 1 Boyolali, bertempat di Redaksi Majalah Didik Surakarta, hari ini, Senin 17 Desember 2018 dilakukan penyerahan siswa Praktek kerja Lapangan oleh Guru pembimbing Sri Mulyani, S. Kom. Dalam penyerahan tersebut ia menyerahkan seluruh pengajaran dan pengawasan ke redaksi Majalah Didik agar dididik sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Didampingi oleh Sekretaris Redaksi, Pimpinan Majalah Didik, Ristanto, S. Sos., M. Si. menyambut peserta PKL dengan senang hati, dalam sambutannya ia berpesan bahwa siswa siswi harus tampil percaya diri, komunikatif dan kreatif mengikuti tuntutan zaman. Siswa Praktek Kerja Lapangan yang berjumlah 8 terdiri dari 5 perempuan dan 3 laki-laki ini diserahkan secara simbolis kepada Pimpinan Majalah Didik, Ristanto, S. Sos., M. Si.

Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan selama 2 tahap ini dimulai dari Senin, 17 Desember 2018 sampai 16 Maret 2019 tahap 1 dan tahap 2 dilaksanakan 24 Juni 2019 sampai 28 September 2019. PKL ini ditujukan dalam rangka menyiapkan peserta didik agar dapat bekerja , baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha/Dunia Industri sebagai tenaga tingkat menengah, sesuai dengan bidangnya/program keahlian/ kompetensi yang dimiliki. Serta untuk membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkopetensi dan mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminati.

Selama kurang lebih satu minggu kedepan siswa akan dibekali pendidikan jurnalistik oleh beberapa pemateri, karena mengingat siswa PKL bukan dari dunia jurnalistik, melainkan dari multimedia. Setelah dirasa cukup, anak-anak akan di ditugaskan ke berbagai instansi untuk meliput beberapa berita dan juga membuat beberapa tulisan, seperti straight news, headline news, refleksi, dan sosok. Dengan banyaknya manfaat yang didapat dari PKL ini tentunya ini sangat membantu siswa untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kompetensinya.(rolita)

Related posts