Tanamkan Pendidikan Agama Sejak Dini

Melaksanakan ibadah haji merupakan keinginan setiap umat muslim di setiap penjuru dunia, tidak memandang usia baik, anak anak, remaja, bahkan orang tua. Begitu halnya yang coba dilakukan oleh  IGTKI PGRI Kecamatan Grogol, Sukoharjo dengan mengadakan manasik haji. Program kerja IGTKI Grogol yang mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan potensi meningkatkan moral agama, keimanan, ketaqwaan, kognitif, psikomotorik dan seni kreatif serta menumbuhkan nilai karakter. Kegiatan tersebut diadakan pada Kamis, 25 Oktober 2018 lalu bertempat di Kompleks Asrama Haji Donohudan Boyolali. Peserta terdiri dari 9 gugus, 37 TK dengan rincian 1354 anak didik, 157 guru serta orang tua/wali.

Kegiatan manasik haji ini bertujuan agar peserta didik mendapat pengalaman agama sejak dini, mengetahui makna dari setiap rukun haji yang diharapkan dapat mewarnai dalam kesehariannya, serta meningkatkan mutu pendidikan khususnya ilmu agama sejak dini. Acara manasik dimulai dengan pengkondisian di sekolah masing masing atau niat umroh dilanjutkan thowaf qudum di Asrama Haji Donohudan, pembukaan dan acara inti prosesi pelaksanaan praktek Manasik haji anak.

Rangkaian acara manasik dimulai dari membaca rukun dan wajib haji, wukuf di Arofah, sholat 2 rakaat, khutbah wukuf di Arofah, pengenalan suasana Musdalifah dan Mina, lempar jumroh, thawaf, sholat di maqom Nabi Ibrahim, dan kegiatan Sai.

Sebelum pelaksanaan acara tersebut, acara yang diketuai oleh Sutini, S. Pd ini dilakukan 5 kali pertemuan guna membahas pelaksanaan manasik haji anak ini. Rapat koordinasi tersebut dimulai tanggal 28-29 September, 6 Oktober, dan 22 -23 Oktober 2018. (lita /red)

Related posts