Relawan Pemuda Peduli Desa, Gumregah Mbangun Batuwarno

Khrisma Eko Sutiyono,S.Sos – CAMAT BATUWARNO

Anggota Relawan Pemuda Desa bersama Camat

Batuwarno – Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat . Dengan TIK berbagi kegiatan telah mengalami perubahan, TIK telah mengubah cara orang bekerja, belajar, berusaha, berkomunikasi dan sebagainya. Bahkan TIK telah dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan ekonomi suatu daerah. TIK adalah salah satu pilar utama pembangunan peradaban manusia saat ini yang harus mampu memberi nilai tambah bagi masyarakat luas dan diharapkan menjadi sarana penting dalam proses transformasi menjadi Desa yang maju. Tidak ada satupun bidang kehidupan di masyarakat ataupun sektor pembangunan di Desa yang tidak memerlukan penggunaan TIK.

Pada saat ini seluruh Desa kecamatan Batuwarno sudah mempunyai  akses internet , dan bahkan sudah ada yang mempunyai Web Desa ,namun masih banyak Desa yang belum mengoptimalkan pemanfaatan teknologi internet untuk penyebarluasan informasi desa,padahal sudah diakui pada saat ini penyebarluasan informasi desa melalui internet merupakan jurus yang paling ampuh, ke khalayak lebih luas.

Dengan adanya fenomena ini pemuda dan pemudi kecamatan Batuwarno bertekat untuk membentuk Pemuda Peduli Desa yang bertekat menjadikan relawan sebagai Pemuda /orang yg berjiwa muda sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/ penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk  kemaslahatan masyarakat dan kemajuan Desa.

Untuk mencapai hal tersebut banyak hal yang dilakukan oleh relawan Pemuda Peduli Desa. Mulai dari menghimpun dan membina potensi Relawan dalam satu wadah yang terorganisir, untuk mencapai efisiensi, manfaat dan efektivitas kegiatan secara optimal. mengelola Informasi tentang potensi, produk Desa, Kebijakan Desa dan beragam peristiwa di masyarakat dalam sebuah media internet/Blog. menyebarkan informasi yang sudah dikelola melalui media social. Menjalin koordinasi,kerja sama dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan serta pihak lain dalam masyarakat.

Relawan Pemuda Peduli Desa tersebut dibentuk guna mewujudkan sebuah organisasi belajar yang solid dan anggota Relawan yang berkompeten dan mewujudkan masyarakat yang informatif melalui program edukasi dan pengembangan masyarakat berbasis Teknologi Informasi. Disamping itu diharapkan publikasi potensi produk Desa, Kebijakan Desa dan beragam peristiwa di masyarakat secara luas di media social/internet dapat berjalan dengan baik dengan memanfaatkan media sosial yang tersedia sebagai media belajar dan media penyebaran informasi . Disisi lain diharapkan dengan adanya itu semua dapat terjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan. Dengan beranggotakan 35 orang Relawan Pemuda Peduli Desa tersebut secara sukarela dan swadaya mendanai semua kegiatan yang dicanangkan.

Dengan adanya Relawan Pemuda Desa tersebut dapat meningkatkan peran serta masyarakat khususnya pemuda dalam pembangunan desa dan terbangunnya koordinasi,komunikasi dan kerjasama antara Forum Pemuda Peduli Desa dg Pemerintahan Desa/Kecamatan, Dinas/Instansi dan pihak lain dlm masyarakat. diawali dari relawan tersebut dapat menciptakan  semangat membangun Desa dan juga terbangannya  kebiasaan penggunaan media social yang bijak

Untuk memajukan daerah Batuwarno tersebut salah satu langkah awal yang dibuat oleh Relawan Pemuda Peduli Desa yaitu membuat sebuah blog dengan nama “Batuwarno Gumregah”. pembangunan blog tersebut sebagai wadah untuk membagikan informasi yang berasal dari seputar kegiatan desa. Informasi tersebut tentunya dapat diakses oleh setiap warganya, bahkan masyarakat dunia. Warga masyarakat juga berhak untuk menyebar luaskan berita yang telah diaksesnya, tanpa dibumbui berita bohong.

Sebagai informan dan pengeloala informasi tentang potensi hasil pembangunan desa,kebijakan desa dan beragam peristiwaa masyarakat serta menyebarkan informasi yang dikelola blok forum ini dan membagikan di media sosial seperti Facebook,Instagram,Twitter,Whatshap ungkap Rita Nurhidayati,S.Pd,M.P selaku ketua dalam sambutannya di acara Pemuda Peduli Desa.  Dengan semakin mudahnya kita dalam memperoleh informasi kita harus dapat mengambil manfaat di dalamnya jangan sampai kita terlibat dalam berita bohong dan ujaran kebencian, karena salah sedikit saja kita dalam media sosial banyak undang undang ITE yang menanti untuk menjerat kita. (lit/rita /red)

Related posts