Kemah Bela Negara Siswa SMP N 1 Baki DI YONIF 413 Bremoro

Dewasa ini seperti yang kita ketahuai bersama, rasa tenggang rasa, menghormati, gotong royong sudah mulai luntur dari masyarakat Indonesia. Untuk mengantisipasi hal tersebut banyak hal yang dilakukan oleh berbagai instansi untuk menumbuhkan rasa tersebut. Hal ini pula yang coba dilakukan oleh SMP N 1 Baki yang tahun 2018 ini mengadakan kegiatan diluar sekolah atau outing class kemah kebangsaan di Yonif 413 Bremoro Mojolaban selama 3 hari, pada tanggal 17 – 19 November 2018 kemarin.  Kegiatan kemah tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa gorong royong, toleransi dan tenggang rasa terhadap sesama. Pemilihan kemah di Yonif karena diharap dengan didikan tentara dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme serta disiplin dalam berbagai aspek kehidupan.

Adapun peserta kemah kebangsaan diikuti kelas 8 sebanyak 284 siswa, disampaikan kepala sekolah SMP N 1 Baki, Joko Supoyo S. Pd. M. Pd kegiatan ini sudah yang ke dua kalinya, tujuanya untuk membentuk karakter anak, cinta bangsa dan negara, tanggung jawab disiplin terhadap bangsa terutama cinta tanah air dan NKRI dan juga mengutamakan IMTAQ  dan beraklaq mulia. Sebelum acara dimulai diadakan upacara serah terima siswa secara simbolis dari kepala sekolah kepada pembina dari Yonif 413  diterima oleh Serka Maryono, setelah acara serah terima dilanjut dengan motivasi pengarahan mental terhadap siswa SMPN 1 Baki Kabupaten Sukoharjo.

Kemah kebangsaan ini juga dihadiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sukoharjo, Kasi Kesiswaan SMP Drs. Lilik Sudarwi. Disampaikan oleh Drs. Lilik Sudarwi, patut kita berbangga SMP N 1 Baki Kabupaten Sukoharjo telah berhasil bekerja sama dengan Yonif 413 Bremoro Mojolaban untuk penyelenggaran pendidikan karakter melalaui kemah Bela Negara bagi siswa SMP N 1 Baki Kabupaten Sukoharjo.  Dalam sambutannya ia juga menyampaikan terimakasih kepada pembina kemah kebangsaan Yonif 413 yang akan mengembleng mental selama 3 hari siswa SMPN 1 Baki Kabupaten Sukoharjo. Ia juga berpesan kepada para peserta kemah, nikmati, rasakan dan ambil manfaat dari setiap latihan, permainan, penugasan, dan tantangan yang diberikan oleh pelatih niscaya kalian akan merasa bahwa Kemah Bela Negara ini bukan suatu kegiatan yang terpaksa tapi merupakan kegiatan yang menyenangkan dan besar manfaatnya bagi diri sendiri sebagai siswa, sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa. (lita /red)

Related posts