Implementasi Excellent Service menuju Lembaga Pendidikan Berkelas Dunia

Dr H Suranto ST., MM., MAP. (Direktur Sekolah Vokasi UMS)

Era digital industri milenial atau 4.0 selalu ditandai complexity, competetive, dan change mengharuskan setiap lembaga pendidikan untuk cepat berubah. Mewujudkan layanan prima melalui excellent service dibutuhkan semangat dan perubahan dalam etos kerja, standar operation prosedur, silabi pembelajaran, sarana prasarana memadai, tenaga pendidik dan kependidikan, academic athmosphere, publikasi ilmiah menuju lembaga kelas dunia Hal itulah yang dikemukakan oleh Dr H Suranto, dosen UMS, Direktur Sekolah Vokasi UMS, trainer IESQ, pengembangan SDM, Potensipreneur, pengembangan bakat dan peningkatan skill guru, SDM dan siswa. Dalam workshop implementasi literasi digital dalam pembuatan perangkat pembelajaran kurikulum 2018 yang diselenggrakan Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta, di Hotel Multazam, Kamis 22 November 2018.

Menerapkan excellent service dimulai dari karakter untuk berubah dan mindset optimis untuk meraih target. kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja kualitas dan kerja tuntas menjadi semangat dalam menerapkan excellent service yang unggul. Menggapai sukses excellent service di dukung oleh etos kerja yang dilandasi attitude, knowledge, skill dengan implementasi 5R dan 7 S, serta penerapan SOP (ISO 9001:2015), KPI dan pengukuran produktivitas, quality assurance, service quality dan 3B( Behaviour, Brain, Beauty). Lembaga pendidikan akan lebih unggul dan mampu menjadi pilar pendidikan terdepan jika penerapan excellent service terealisasi secara optimal.

Kegiatan ini diikuti oleh 170 guru ( ustadz dan ustadzah) dan sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Materi disampaikan secara interaktif partisipatif dan game filosofis untuk menghidupkan suasana. Sejumlah ustadz terkesan dengan acara ini, seperti Ust. Suharno dan Ust. Abdul Mutholib, diharapkan kedepan bisa lebih tertata dengan baik dan fokus.(lita/red)

Related posts