Tim Pengabdian Masyarakat UBSI Memberikan Pelatihan Komputer Untuk Peningkatan Kinerja Pamong Desa Jenar

Purworejo – Perkembangan zaman yang diikuti dengan kemajuan teknologi yang pesat berdampak pada kebutuhan penggunaan teknologi di berbagai bidang tidak terkecuali bidang administrasi desa.  Para pamong desa selaku pelaksana administrasi di tingkat Desa dituntut memiliki kemampuan penggunaan Microsoft Office dan internet.  Menanggapi hal tersebut tim Pengabdian Masyarakat (PM) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) PSDKU Yogyakarta mengadakan pelatihan Microsoft Office dan Internet untuk para pamong Desa Jenar Kidul, Purwodadi, Purworejo.  Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu, 13 Oktober 2018 dan dilaksanakan di Balai Desai Jenar Kidul ini dimulai pukul 08.00 dengan diawali sambutan dan pembukaan oleh Kepala Desa Jenar Kidul yaitu Bapak Joko Kartono. Dalam sambutannya Kepala Desa yang masih muda ini menyampaikan “Kami himbau kepada seluruh peserta dapat mempelajari tentang ilmu komputer dengan baik agar memiliki kemampuan yang bisa digunakan untuk bekerja melayani masyarakat dengan cepat dan tepat.” Kata Joko

Tim PM yang terdiri dari beberapa dosen dari Fakultas Teknologi Informasi dengan program studi Sistem Informasi ini memberikan pelatihan yang terbagi menjadi empat sesi untuk para peserta yang terdiri dari pamong desa dan beberapa tokoh masyarakat. Sesi pertama dilaksanakan pelatihan Microsoft Word untuk pembuatan surat menyurat. Bertindak selaku tutor pada sesi ini adalah Supriyanta, M.Kom. Selesai sesi pertama dilanjut dengan sesi kedua yang berisi pelatihan Microsoft Excel dengan tutor Pudji Widodo, M.Kom. Pada sesi ini peserta diberi pelatihan agar mampu merekap data dalam bentuk tabel dengan perhitungan sederhana.  Pada sesi ketiga diisi dengan pelatihan Microsoft Power Point agar para peserta dapat membuat presentasi sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk membuat sosialisasi di masyarakat agar lebih menarik. Bertindak sebagai tutor pada sesi ini adalah Noor Hasan, M.Kom.  Sesi terakhir diisi dengan pelatihan penggunaan internet untuk mempermudah dan mempercepat komunikasi agar dapat menunjang peningkatan kerja. Dalam sesi ini yang menjadi tutor adalah Tri Wahyudi, M.Kom.

Kegiatan pelatihan didukung dan dibantu oleh tim dokumentasi dan perlengkapan yang terdiri dari Wahyu Eko Susanto, Akhmad Syukron, dan Eko Saputro. Acara pelatihan berjalan dengan lancar dan para peserta antusias mengikuti setiap kegiatan. Acara PM diakhiri dan ditutup oleh Kepala Desa tepat pukul 16.00 WIB.

Related posts