SD Negeri 1 Wonogiri, Juara MAPSI Tingkat Kabupaten

 

para juara bersama kepala sekolah Mahmud Yunus, S.Pd.

Para juara bersama ibu Sugi Mistanti, S. Pd, M. Pd dan Koordinator lomba MAPSI bapak Mahmud Mustopa Rahman, S. Pd.

Belakangan ini pemerintah Indonesia banyak menggalakkan tentang entrepreneurship atau kebih dikenal dengan kewirausahaan. Untuk mendukung hal itu pemerintah sangat mendukung dan mensuport UMKM yang mau berkembang guna mengurangi tingkat pengangguran dalam masyakat dan meningkatkan penghasilan. Entrepreneurship ini dapat  meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berkarakter, sehat, jasmani dan rohani, menjadi teladan bagi diri dan orang lain, memiliki sikap spiritual dan sosial, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi persaingan global dan tidak meupakan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Hal ini juga yang mencoba diterapkan pada SD Negeri 1 Wonogiri yang dipimpin oleh bapak Mahmud Yunus, S. Pd. Di SD N 1 Wonogiri juga sudah sekian tahun diajarkan pendidikan kewirausahaan yang dikemas dalam bentuk “marketingday” yang dijadwalkan setiap tahun 4 kali, yaitu saat jeda semester dan midsemester. Karena kekreatifan dan jiwa kewirausahaan yang telah ditumbahkan sejak dini, SD Negeri 1 Wonogiri berhasil menjadi juara dalam lomba MAPSI tingkat kabupaten.  SD Negeri 1 Wonogiri menjuarai MAPSI dalam bidang Rumpun Kewirausahan Islami dengan megolah makanan  dari ketela pohon dan ketela rambat, membuat minuman dari empon-empon dan membuat barang dari bekas.

Dalam hal ini diterjunkanlah putra putri terbaiknya untuk mengikuti acara ini , yaitu, Teguh Wiratma siswa kelas 4 dan Alya Karim Benzema siswi kelas 5 dalam bidang Kewirausahan Islami, yang masing- masing dari mereka memperoleh juara 1 putra dan putri. Keberhasilan mereka tak lepas dari bimbingan dari Sugi Mistanti, S. Pd, M. Pd.  Dalam bidang Karya Tulis Ilmiah diikuti oleh Tanria Arneta Maulia Pembina siswi kelas 6 yang mendapatkan juara 3, usaha ini juga tak lepas dari bimbingan  Toyik Haryanto, S. Pd

Atas keberhasilan SD Negeri 1 Wonogiri mendapat juara 1 Kewirausahaan Islami, kabupaten Wonogiri mendaulat kembali untuk maju ke tingkat provinsi untuk mengikuti lomba berikutnya. Pendaulatan ini dinilai karena SD Negeri 1 Wonogiri memang layak menjadi juara.(rolita/rita)

Related posts