DRA. Sri Hastuti Lastyawati, M.Pd dan DR. Anggoro Panji Nugroho, SE., MM., Bangga Antusias PTK Berjubel

 

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengandung pengertian bahwa PTK adalah sebuah bentuk kegiatan refleksi diri yang dilakukan oleh para pelaku pendidikan dalam suatu situasi kependidikan untuk memperbaiki rasionalitas dan keadilan tentang  Praktik-praktik kependidikan mereka, pemahaman mereka tentang praktik-praktik tersebut, dan  situasi dimana praktik-praktik tersebut dilaksanakan. Berdasarkan peraturan pemerintah No. 74 tahun 2008 tentang guru, penulisan karya ilmiah kini menjadi persyaratan penting untuk guru dalam kenaikan golonganya.

Pada umumnya guru jaman sekarang banyak yang malas bahkan tidak mau membuat PTK, banyak guru yang merasa kesulitan dalam menyusun PTK, selain itu kurangnya pengetahuan tentang IPTEK, dan refrensi buku. Melihat hal tersebut MGMP PPKN Se-Solo raya bekerjasama dengan Yayasan Karya Dharma Pancasila akan mengadakan diklat penulisan PTK dengan tema “Jurus jitu penyusunan PTK 2018” yang bertujuan umum melaksanakan visi misi MGMP se-Solo dan visi misi yayasan Karya Dharma Pancasila, tujuan khususnya  membuat  guru tidak malas dalam membuat PTK, bahkan menjadi semangat dalam penyelesaiannya.

Diklat PTK kerjasama antara MGMP Se-Solo raya dengan Yayasan Karya Dharma Pancasila akan diadakan pada tanggal 20 Oktober 2018 digedung Garuda Graha kampus II STIE AUB dengan target 500 peserta dan sekarang baru 400 peserta yang resmi mendaftar dan diprediksi akan bertambah lagi dihari H. Dengan pembicara Muhari, S.Pd, M.Pd selaku pengawas SMA BP2MK Wilayah III, DRA. Sri Hastuti Lastyawati, M.Pd selaku ketua MGMP PPKN SMK-SMA se-Solo raya, dan Wahyudi Taufan Santoso,S.PD guru IPA SMK N 8 Surakarta yang sudah berpengalaman dalam menulis artikel jurnal.

Diklat PTK diselenggarakan dengan pola IN dan ON dengan durasi 32 jam, IN akan diadakan pada tanggal 20 Oktober mendatang sedangkan ON praktek menyusun PTK akan dilaksanakan dengan pembimbingan secara Online yang dimulai dari tanggal 21 Oktober-16 November 2018. Setifikat diklat untuk guru tingkat TK/SD/SMP akan ditandatangani oleh dinas terkait. Diklat ini bisa diikuti oleh guru semua mapel disemua jenjang pendidikan. DR. Anggoro Panji Nugroho, SE., MM. Selaku ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila menambahkan “semoga Yayasan Karya Dharma Pancasila setelah diklat tetap bisa bekarjasama dengan MGMP PPKN se-Solo raya.” Hal itu dikemukakan DR. Anggoro Panji  Nugroho, S. E., M.M. pada saat jumpa pers digedung gallery bursa efek kampus II STIE AUB.

Diklat ini tidak semata-mata untuk guru saja tetapi juga untuk kepentingan perguruan tinggi AUB (STIE,  STIMIK, AT) yaitu untuk memperkenalkan perguruan tinggi ini kepada masyarakat agar mengingat kembali bahwa ulu aub dikenal dengan sebutan akademi uang dan bank, hal itu tidak salah dan tidak perlu dipermasalahakan karena AUB telah meluluskan para sarjana yang handal khususnya bergerak dibidang departemen keuangan dan perbankan. (syindi/fika/r)

Related posts