Tumbuh – tumbuhan di tengah kota = paru – paru kota

Tumbuhan hijau saat ini sangat dibutuhkan, terutama untuk kota- kota yang berkembang, sebab sudah banyak lahan yang digunakan untuk bangunan dan jalan-jalan. Penghijauan untuk suatu kota yang padat penduduknya akan sangat menolong orang disekitarnya meneduhkan jalan-jalan,maupun mengurangi pantulan cahaya dari bangunan disekitarnya dan penyaring debu polusi udara yang dikeluarkan dari kendaraan dan suhu dari bangunan bertingkat yang banyak menggunakan kaca yang menyebabkan kenaikan suhu di lingkungan sekitar.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di muka bumi ini. Tumbuhan merupakan salah satu unsur yang penting bagi kehidupan, terutama kehidupan bagi manusia. Karena pohon mempunyai banyak manfaat seperti sebagai penghasil oksigen, Pencegah banjir dan longsor, melawan pencemaran udara, penyimpan air hujan dan mengurangi pemanasan global.

Tumbuhan di pinggir jalan raya sangat penting bagi udara di sekitar karena tanpa adanya tumbuhan udara akan terasa panas selain itu berfungsi juga untuk menambah nilai estetika dan keasrian kota sehingga berdampak positif terhadap kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat.

Menurut Kandi Purnomo S.Pd, sebagai guru SMP Kristen 3 Surakarta“ Tumbuhan itu sangat penting apalagi di pinggir jalan sangat berguna sekali dan perlu dipertimbangkan perawatannya terutama kalau tumbuhan itu sangat besar pasti mengganggu juga apalagi waktu musim penghujan dan angin nanti kalau patah tumbuhan bisa menggangu pengguna jalan yang melintas maupun mobil yang melintas di jalan tersebut”.

Sementara itu menurut Monika Fitri Setyowati S.S, sebagai guru SMP Kristen 3 Surakarta “ Tumbuhan di pinggir jalan itu sangat penting untuk mengurangi polusi sekaligus untuk memperindah dan harus ada perawatan yang cukup”. (.Jonathan/r)

Related posts