Peringatan hari kesaktian pancasila Momen Bersejarah Dengan Pengkianat Bangsa

Solo – Tanggal 1 Oktober merupakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Salah satu momen yang melepaskan Negara Indonesia dari pemberontakan G30S/PKI yang menewaskan para jenderal terbaik di Indonesia.
Peringatan hari kesaktian Pancasila pada dasarnya adalah untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki peran penting sebagai fondasi dasar sebuah negara. Selain itu, Pancasila memiliki makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan.
Oleh karena itu, peringatan hari kesaktian Pancasila bisa dijadikan kebangkitan bagi kita semua untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur. Nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai cara untuk membangun kembali jati diri bangsa. Bangsa ini bisa berdiri tegak, hanya jika mau kembali menghidupkan dan sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Menurut wakil kepala sekolah SMA Negeri 4 Surakarta Nanang Inwanto, S.Pd makna dan arti pancasila didunia pendidikan. Pancasila sudah teruji dan terbukti bagi ideologi bangsa yang mempersatukan kita semua. Beberapa kejadian di masa lalu membuktikan bahwa pancasila itu menjadi kekuatan yang besar bagi pemersatu bangsa,bagi dunia pendidikan ini juga menjadi ideologi dasar. Maka setiap orang yang mengaku warga negara Indonesia,siswa bersekolah dia harus berpancasila dan melaksanakan nilai-nilai pancasila. Saya kira kalo semua orang memahami arti penting pancasila hidup bisa rukun damai, berkeadilan sosial, saling menghormati, saling menghargai, tidak membenci, tidak memfitnah.

Related posts