Perajin Tas TOnext Batuwarno,Wonogiri Tembus Pasar Luar Jawa

Wonogiri – Sutanto,A.Md,pria k

elahiran Wonogiri Putra Bp Tarmo dan Ibu Warsi beralamatkan di Dusun Daleman RT4 RW2 Desa/Kecamatan Baturwarno,Wonogiri,Jawa Tengah.Sutanto,A.Md menikah dengan Sinta Dwi Hastuti dan dikaruniai anak bernama Muhammad Azril(4)
Perajin Tas TOnext Batuwarno,Wonogiri tembus ke luar Jawa. Mereka memproduksi berbagai jenis tas untuk seminarkit atau suvenir acara-acara kedinasan, pelatihan, hingga sosialisasi dari instansi swasta maupun pemerintah. Perajin juga membuat tas untuk sekolah dan instansi pendidikan.
Pesanan tas yang dibuat lebih banyak datang dari dinas/instansi swasta maupun pemerintah. “Kalau ada instansi yang mengadakan bimbingan teknis (bintek), pelatihan, sosialisasi,Worshop, biasanya mereka memesan tas untuk para peserta. Ada juga yang pesan untuk kegia

 

tan sekolah,

Pemesan tidak hanya di daerah sekitar Wonogiri, tetapi hingga luar Jawa. Salah satu pemesan dari SMK Perikanan di Aceh Barat yang memesan tas untuk diberikan kepada para siswanya. Ada juga pesanan dari Sumatera Barat untuk kegiatan Pekan Olah Raga Daerah (Porda),” ujarnya.

 

Jumlah pesanan dari kalangan dinas/instansi itu bervariasi. Mulai dari eceran hingga ratusan unit setiap kali order. Pesanan paling banyak dia terima dari instansi pendidikan saat mengadakan sosialisasi Kurikulum 2013. “Untuk sosialisasi itu, mereka pesan 700 unit tas,” imbu

 

hnya.
Ketika banyak dinas/instansi yang menggelar kegiatan, jumlah tas yang dipesan juga meningkat. Sutanto t harus mengerjakan sekitar 2.500 unit tas per bulan.Biasanya pesanan hanya berkisar 750 unit per bulan.
Sebagian tas yang diproduksi berupa tas selempang. Pihaknya juga banyak memproduksi tas punggung, tas kerja, tas sekolah, hingga tas untuk keperluan promosi. “Kalau pesanannya membeludak dan waktunya mepet, biasanya saya buatkan tas selempang karena pembuatannya leb

 

ih mudah dan cepat,” terangnya.

Sutanto saat ini hanya mempekerjakan tiga orang karyawan. Tetapi jika order membeludak, dia meminta bantuan beberapa penjahit lain untuk menyelesaikan pesanannya.
Adapun harga tas bervariasi sesuai bentuk dan ukurannya. Harga tas ukuran kecil dan sederhana berkisar Rp 50.000-70.000 per unit. Adapun harga tas punggung ukuran besar bisa mencapai Rp 125.000-150.000 per unit.
More Information : 082325205013

 

Related posts