MGMP PPKN SMA / SMK se SOLO RAYA MoU dengan Perguruan Tinggi AUB Surakarta


Guru dituntut untuk menulis karya ilmiah khususnya pembuatan opini, pengembangan profesi ,artikel dan lainya. Hal ini dimaksudkan agar guru di Indonesia dari hari ke hari terampil dalam mentransformasikan ilmunya kepada para murid – muridnya. Disamping itu guru harus bisa melaporkan data yang akurat tentang pembelajaran yang sistematik sesuai dengan tempat dimana guru itu mengajar, karena itulah guru harus bisa membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara akurat, bermutu dan berkualitas secara profesional. Kita tau bahwa maju mundurnya suatu negara parameternya adalah mutu pendidikan, karena pendidikan itu berkaitan langsung dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Seiring tuntutan zaman guru harus mampu mengaplikasikan ide dan gagasanya kedalam suatu tulisan yang kronologis berdasarkan data yang ada. Atas dasar itulah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKN se Solo Raya bekerjasama dengan perguruan AUB Surakarta akan menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) pembuatan atau penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru SD, SMP, SMA/SMK atau Sederajat. Kerjasama ini dilakukan oleh kedua belah pihak yakni MGMP PPKN SMA / SMK se Solo Raya dengan perguruan tinggi AUB yang dalam hal ini adalah STIE, STIMIK dan AT. Semua kegiatan ini akan dirangkum dan di publikasikan secara langsung oleh Majalah Pendidikan DIDIK baik yang cetak maupun yang online ( majalahdidik.com )

Kerjasama ini merupakan awal atau perdana yang secara langsung ditangani oleh kedua belah pihak tersebut. Diklat penulisan PTK ini rencananya akan berlangsung di gedung Garuda Graha Kampus II STIE AUB Surakarta. Menurut Dr. Anggoro Panji Nugroho, SE, MM selaku ketua Yayasan Karya Darma Pancasila (YKDP ) bahwa diklat ini nanti merupakan korelasi yang harmonis dan tepat sasaran, karena selama ini para guru yang mengajar dibeberapa sekolah negeri maupun swasta rata – rata banyak yang belajar tentang ilmu Management , Akuntansi, Komputer dan Teknology. Dipastikan kerjasama dalam bentuk diklat nanti akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini. Namun demikian MoU kedua belah pihak sudah dilakukan pada hari Kamis, 6 September 2018 kemarin. Penandatanganan kerjasama antara kedua belah pihak ini dilakukan di rumah makan Boga Bogi Blulukan, Colomadu. Sementara itu ketua MGMP PPKN SMA / SMK se Solo Raya Dra. S. Hastuti.L, M.Pd kepada majalah didik menyatakan rasa bangganya karena pihak AUB juga peduli serta memperhatikan perkembangan kinerja para guru di Solo Raya. Acara ini nanti di prediksi akan diikuti oleh para guru – guru yang berasal dari kabupaten Wonogiri, Karanganyar , Sukoharjo, Sragen, Boyolali, Klaten dan Solo, namun demikian pihak panitia juga akan membatasi jumlah peserta karena kerjasama diklat PTK ini merupakan tahap pertama.

Keterangan lebih lanjut pihak panitia dalam waktu dekat ini akan merilis secara resmi mengenai tanggal pelaksanaan serta hari dan tempatnya. Saat ini pihak panitia sedang melakukan koordinasi dengan beberapa koordinator wilayah di masing – masing kabupaten. Masing – masing peserta rencana nantinya akan mendapatkan materikulasi, sertifikan dan lain sebagainya. Demikian ungkap Hastuti selaku ketua MGMP PPKN se SMA / SMK Solo Raya. Info selengkapnya ikuti terus berita majalah didik cetak maupun online. #ApsariSiska/Ries/R

Related posts