Menelisik Pemimpin Yang Baik?

Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai pasang-surut kehidupan, dari sebelum masa penjajahan hingga masa reformasi saat ini. Berakhirnya masa penjajahan, bukan berarti kita bisa bebas berpangku tangan, berdiam diri menikmati buah kemerdekaan. Banyak hal yang harus dilakukan karena pada dasarnya kita bertanggung jawab pada kemajuan bangsa ini. Maka dari itu bangsa Indonesia memerlukan seorang pemimpin yang baik dalam mengatur kelangsungan hidup bangsa. Pemimpin yang baik adalah figur yang senantiasa ada dan merasakan apa yang dialami orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin  juga Merupakan sesorang yang akan memepengaruhi atau memberi sebuah contoh kepada pengikutnya dalam upaya mencapai sebuah tujuan dalam organisasi ataupun kelompok. Menjadi pemimpin harus bisa mencontohkan yang baik dan bisa mengurus anggotanya agar bisa menjadi panutan bagi calon penerus di generasi pemimpin berikutnya.

Saat ini kita  mengalami krisis kepemimpinan. Kondisi ini terjadi hampir di semua level masyarakat. Alih-alih menjadi mesin pendorong perubahan, pemimpin kadang menjadi faktor penghambat. Faktanya sangat gamblang akhir-akhir ini banyak berita tentang Puluhan pejabat dan kepala daerah tertangkap tangan oleh KPK atau menjadi tersangka kasus korupsi.

Banyak aspek yang mengantarkan seseorang muncul sebagai pemimpin. Pemimpin bisa saja berhasil mencapai puncak kariernya lantaran kharisma, keturunan, kekayaan atau popularitas yang dimilikinya. Tetapi, semuanya itu tidak akan pernah ada artinya apabila dia tidak memiliki kompetensi. Seorang pemimpin haruslah berkarakter, fokus pada hasil dan berorientasi ke masa depan. Definisi pemimpin menurut setiap orang berbeda beda, presiden jokowi pernah mengemukakan definisi pemipin yang baik ketika beliau masih menjabat sebagai Gubernur Dki jakarta, beliau menuturkan “Pemimpin yang mau melayani rakyatnya, mau mendengar penderitaan dan keluhan rakyat, pemimpin yang dekat mendekat dan mau dekat dengan rakyatnya,”. Begitu pula menurut Ibnu Usman,S.Pd.Sd selaku kepala sekolah SD N Kendalrejo, Mojosongo, Solo menungkapkan “pemimpin yang baik harus mampu menunjukkan dirinya sebagai Edukator, Manager, Administratif, Supervisor, Leader, dan juga sebagai Motivator”. (dbs/ggl/fika/r)

Related posts