Bertekad Cerdaskan Murid Terampil dalam Bidang Desain dan Produk Kreatif

Drs. SUMPANA, MM
Ketua Program Keahlian Desain Dan Produk Kreatif SMK Negeri 5 Yogyakarta
Bertekad Cerdaskan Murid Terampil dalam Bidang Desain dan Produk Kreatif
Berbincang bincang sejenak mengenai desain dan produk kreatif bersama Drs. Sumpana, MM yang bekerja di SMK Negeri 5 Yoyakarta, sebagai ketua keahlian desain dan produk yang telah membawahi 5 kepala Kompetensi yaitu Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi, Kriya Kreatif Keramik, Kriya Kreatif Logam Dan Perhiasan, Kriya Kreatif Kayu Dan Rotan. Lahir di Sleman 24 Februari 1962 sekarang bertempat tinggal di Juwangen RT 01/01 kelurahan Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman provinsi Yogyakarta. Telah beristri yakni Dra. Sri Sulistyaningrum seorang pengajar tari di SMK Negeri 8 Surakarta dan dikarunia 2 orang anak yakni Fifi Hindhiscaningrum Lulusan Kedokteran Hewan UGM dan Latif Tata Damarjati Masih Kuliah Di Uii Fakultas Hukum.
Semua yang ditorehkan oleh pria yang dikenal disiplin dalam bekerja ini setidaknya akan dikenang oleh para murid – muridnya setelah dirinya memasuki usia pensiun. Hakekat sebuah produk dimana terdapat penciptaan yang bermutu dan berkualitas dipastikan akan lama dalam penggunaan bahkan kalau itu ilmu pengetahuan tidak akan lapuk dimakan usia. Karenanya ketrampilan yang dimiliki seseorang khususnya para murid dan para guru yang memeberikan pasti akan berdampak positif dalam kehidupan. Semua ini butuh kecerdasan dalam berfikir karena pada dasarnya anak yang cerdas itu akan memiliki peluang kerja yang tinggi. Karena setiap dunia usaha dan industri (dudi) pasti akan mencari orang – orang yang akan memiliki ketrampilan tinggi. Itulah pesan Sumpana seorang guru yang sudah cukup lama mengabdi kepada negara khususnya dunia pendidikan. Telah mendarma baktikan masa hidupnya dengan dibarengi tatanan serta etikad kehidupan yang baik.
Berbicara mengenai sebuah konsep desain yang sangat luas, pada dasarnya generasi dan pengembangan ide-ide yang efektif dan efisien melalui proses yang mengarah ke produk-produk baru. Dalam pendekatan sistematis, desainer produk konsep dan mengevaluasi ide-ide, dan mengubahnya menjadi penemuan yang nyata dari produk. Peran produk desainer adalah untuk menggabungkan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk menciptakan produk-produk baru yang dapat digunakan orang `lain.
Ditahun 2013 lalu Sumpana ikut serta dalam pameran seni tingkat nasional bertajuk “Art as Life Style” yang diselenggarakan di Taman Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 3 sampai 7 April 2013 yang lalu. Ada lima karya yang dipamerkan yakni Ikan Gurameh, Ikan Ko’i , Ikan Teri, Ikan Piranha dan Ikan Kakap yang terbuat dari tembaga. #ApsariSiska/R

Related posts