Sejenak Bersama Ketua Koperasi Aub Surakarta Drs. Saptani Rahayu, MM

Salah satu badan usaha yang berkembang dan berdiri di AUB Surakarta yakni adalah Koperasi. Sebuah badan usaha dari anggota dan untuk anggota yang memiliki badan hukum yang didirikan berlandaskan asas kekeluargaan serta demokrasi ekonomi. Koperasi ini sudah berdiri 30 tahun yang lalu dan sekarang telah memasuki kepemimpinan yang ke 12 dari beberapa generasi. Drs Sapta Rahayu, MM yang kerap dipanggil dengan ibu sapta ini merupakan ketua koperasi yang ke 12.
Selanjutnya Sapta memaparkan koperasi AUB Surakarta yang disebut juga dengan KOPKADO atau singkatan dari Koperasi Karyawan dan Dosen AUB yang anggotanya terdiri dari STIE AUB, STIMIK AUB dan AT AUB. Dalam kepengurusan Kopkado memiliki sepuluh orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan usaha dan kredit. Kopkado memiliki dua bidang usaha yakni Bursa dan Kredit, dalam bidang bursa kopkado menyediakan toko klontong yang memiliki sistem pembayaran potong gaji. Jadi anggota dapat membeli barang di koperasi Kopkado dengan membayar setelah tunjangan gaji turun (potong gaji). Usaha yang selanjutnya merupakan usaha Kredit, jadi setiap dosen dan karyawan yang menjadi anggota koperasi yang menginginkan barang elektronik, emas dan barang berharga lainya bisa menggunakan usaha kredit di koperasi Kopkado.
Dalam masa jabatanya Sapta selaku ketua koperasi mengharapkan bahwa Kopkado semakin berjalan di bursa usaha dan kredit, mengembangkan Kopkado menjadi koperasi yang mampu mengayomi anggotanya dalam jangkauan yang luas, meningkatkan SHU dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya yang berpartisispasi aktif ujarnya kepada kami.
Lebih lanjut lagi Sapta menjelaskan bahwa koperasi kopkado tidak hanya menggunakan sistem manual tetapi juga menggunakan sistem online. Sehingga memudahkan para anggota dalam memenuhi kebutuhannya khususnya kebutuhan pokok. Anggota langsung menulis daftar kebutuhan yang dibutuhkan melalui grub whatsapp (WA) dan kurir langsung mengirim barang yang dipesan.#ApsariSiska/R

Related posts