SATU JAM BERSAMA Dr. Anggoro Panji Nugroho, S.E, M.M Ketua yayasan karya dharma pancasila

Ingin kuliah dan cepat kerja?
Cari yang ada lspnya!
LSP sepertinya masih sangat asing ditelinga masyarakat, banyak masyarakat yang belum tau tentang apa itu LSP dan keuntungannya. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di kampus masih minim jumlahnya. Dari ribuan kampus negeri dan swasta yang ada di Indonesia, baru 10 kampus yang memiliki LSP dan sudah mendapat rekomendasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), salah satunya adalah kampus AUB.
LSP dikampus AUB sudah ada selama 2 tahun yang lalu, dan tujuan diadakannya LSP untuk menjamin lulusan bekerja sesuai dengan kompetensi dan profesi yang dimiliki. LSP memiliki berbagai keuntunggan salah satunya kemampuan atau kompetensinya mahasiswa pemegang sertifikasi diakui dan diterima secara global. AUB sendiri memiliki tiga kampus dua dari kampus tersebut sudah memiliki LSP sendiri yakni Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer (STIMIK) dan Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Dr. Anggoro Panji Nugroho, S.E, M.M menambahkan ” sangat setuju dengan adanya LSP dan itu adalah salah satu keunggulan dari kampus AUB”.
Pembentukan LSP di kampus menjadi keharusan yang diamanatkan pada Undang-Undang 12/2012 tentang kewajiban perguruan tinggi untuk membentuk LSP, keberadaan LSP di kampus juga masih minim dibanding yang dikelola lembaga lain. LSP dikampus AUB masih belum berjalan lancar karena kurangnya sosialisasi masyarakat tentang pentingnya seritifikasi profesi. Untuk lulusan dari AUB yang belum mempunyai sertifikasi bisa melakukan uji kompetensi tanpa melalui diklat langsung bisa tes.
Kampus AUB menjamin lulusannya langsung siap kerja didalam persaingan lokal maupun internasional karena adanya program LSP, lulusan AUB mayoritas bekerja diperusahaan nasional maupun swasta rata-rata diperbankang dan juga diperusahaan multi-nasional seperti Bank Indonesia (BI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia (BCA), dan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR). Dr. Anggoro Panji Nugroho, S.E, M.M menambahkan “rencana pada tahun 2019 kampus AUB akan menjadi Pilot Project bagi kampus kampus lain”
Pilot Project sendiri adalah pelaksanaan kegiatan percontohan yang direncanakan sebagai pengujian atau trial dalam rangka untuk menunjukan keefektifan suatu pelaksanaan program, mengetahui dampak pelaksanaan program dan keekonomisaan.

(Fika/Syindi/R)

Related posts