Opening Ceremony Siswa/ Siswi Prakerin SMK N 9 Surakarta di Majalah Didik

   

Dalam dunia pendidikan khususnya sekolah SMK sangat familiar dengan kata prakerin (praktek kesja industri). Prakerin merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha maupun didunia industri dalam upaya pendekatan maupun untuk meningkatkan mutu  siswa – siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan kemampuan siswa sesuai bidangnya dan untuk menambah pengalaman pada masa yang akan datang.

                Kamis, 1 Agustus 2018 Puguh Nara, S.Kom sebagai guru pembimbing dari SMK N 9 menyerahkan anak didiknya untuk prakerin selama 3 bulan kedepan yang dimulai dari hari ini dan berakhir tanggal 26 Oktober 2018. Puguh Nara selaku guru pembimbing mengucapkan terimakasih terhadap Ristanto selaku pemimpin redaksi majalah didik karena telah menyambut baik kedatangannya dan siswa-siswanya. Puguh Nara juga berterimaksih karena di majalah didik siswa-siswanya diajarkan tentang materi jurnalistik karena pada dasarnya di SMK N 9 Surakarta teruntuk jurusan Multimedia tidak memfokuskan materi tentang jurnalistik akan tetapi lebih menjurus ke materi grafis. Lebih lanjut ia menambahkan bahwa semoga di tahun depan SMK N 9 masih bisa menjalin kerjasama yang baik dengan Majalah Didik. Tahun depan prakerin akan dilaksanakan selama kurang lebih 6 bulan lamanya ujarnya terhadap.

                Acara berlangsung dengan lancar dan hikmat. Penyematan ini dilakukan oleh Puguh Nara sebagai guru pembimbing dan didampingi oleh Riestanto selaku pemimpin redaksi. Tidak hanya penyematan secara simbolis saja namun penyerahan kali ini juga melibatkan siswa/siswi untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan kepercayaan diri pada mereka. Siswa/siswi yang prakerin disini berjumlah 6 orang yakni : Fika, Syndi, Amel, Angel, Dhodik dan Jonatahan kelas 3 dari jurusan Multimedia. Sebelum hunting kelapangan untuk melakukan wawancara dengan berbagai narasumber, kurang lebih selama satu minggu akan dibekali dengan materikulasi ilmu jurnalistik. Tujuanya agar mereka tidak acnggung ketika menghadapi narasumber walaupun mereka masih SMK tetapi ketika tampil dilapangan mereka sudah terlihat atau bagaikan seorang wartawan yang profesional ungkap Riestanto kepada Puguh Nara dan para siswa saat acara penyerahan.  #ApsariSiska/PrakerinSMKN9/R

Related posts