Mengapa Memilih Sekolah Unggulan?

Sekolah merupakan lembaga yang dirancang untuk memberi pengajaran terhadap siswa atau murid dibawah pengawasan guru. Tak luput banyak kriteria sekolah yang dicari oleh para wali atau orang tua murid guna memperoleh pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya adalah sekolah unggulan, sekolah yang mampu membawa setiap siswa mencapai kemampuannya secara terukur dan mampu ditunjukan prestasi akademik maupun prestasi dalam bidang lainnya.

Sekolah unggulan biasanya menjadi primadona bagi masyarakat indonesia karena para orang tua ingin pendidikan yang berkualitas demi kesejahtraan anaknya dimasa depan. Tak jarang orang tua tua juga ikut andil dalam memilihkan sekolah bagi putra putrinya agar  tidak salah untuk memilih sekolah.

Menanggapi hal tersebut empat orang siswi dari smk n 9 surakarta menyatakan bahwa sekolah unggulan yang selama ini jadi rebutan masyarakat memang memiliki kelebihan-kelebihan di banding sekolah yang lain menurut fika mengapa masyarakat membanjiri sekolah unggulan selain berkualitas juga memiliki fasilitas yang memadai. Wajar saja sekolah unggulan setiap pendaftaran siswa baru selalu dibanjiri oleh  masyarakat kemudian menurut syindi sekolah unggulan selain memiliki segudang prestasi juga namanya sudah diketahui  masyarakat sebagai sekolah yang keren (sesuai tren masa kini). Sementara itu dua orang siswi yang lain bernama amel dan angel mengatakan biasanya sekolah unggulan itu memiliki staf pengajar atau gurunya berkompeten dan jika ingin melanjudkan study ke jenjang selanjutnya biasanya lebih mudah. Hal yang lebih spesifik lagi sekolah unggulan itu selain mempuanyai visi misi yang bagus juga motonya berkualitas. Delapan item (kriteria)  tersebut selalu melekat pada sekolah unggulan dan selama ini publik sudah mengetahui secara gamblang maka tak heran jika sekolah unggulan selalu menolak murid karena selain batas kuotanya terbatas juga karena dan nemnya selalu dalam batas tinggi.

Itulah sekilas gambaran sekolah unggulan menurut pendapat para siswi tersebut namun, ada hal – hal lain yang sebenarnya sangat prinsip yakni jumlah lulusan dari sekolah tersebut biasanya tersalurkan di lembaga pendidikan tinggi yang bermutu dan berkualitas misalnya UGM,UI,UNDIP,UNS,UNER,dll.

Apa yang disampaikan oleh empat orang siswi tersebut kiranya tidak salah apabila dicermati oleh lembaga pendidikan SLTA yang lain agar sekolah yang lain bisa mempelajari arti dari kelebihan dari sekolah unggulan yang dimaksud sehingga akan terjadi pemerataan prestasi atau kesetaraan penilaian publik sekarang ini pemerintah sedang memberi batasan atau sebutan dengan sekolah zonasi .

Related posts