MENELISIK JURUSAN MULTIMEDIA SMKN 9 SURAKARTA

Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN 9 Surakarta) oleh masyarakat dipandang sebagai sekolah yang memiliki potensi tinggi dalam bidang ketrampilan. Dari data yang ada sekolah tersebut memiliki 9 jurusan yaitu Multimedia,Teknik computer dan jaringan(TKJ),Animasi,Desain Komunikasi Visual(DKV),Kria Logam,Kria Kayu,Tata Busana,Kriya Tekstil dan Seni Rupa. Dari masing-masing jurusan tentunya memiliki keunikan dan kelebihan yang tentunya terkait dengan dunia usaha dan industri(DUDI).
Jurusan yang ada disekolah sama sama memiliki peluang kerja yang tinggi,namun ada satu jurusan yang diminati oleh masyarakat khususnya bagi calon siswa baru adalah Multimedia jurusan tersebut menggarap atau berkonsentrasi dalam bidang keilmuan yang berkaitan dengan desain, fotografi, animasi, web, dan lain-lain. Setiap tahun ajaran baru dibuka para lulusan smp yang notabene sebagai siswa baru harus mengerti kemana arah jurusan multimedia sehingga dalam perjalanan pendidikannya tidak berhenti di tengah jalan, oleh karena itu jauh jauh hari para calon siswa baru harus tahu benar tentang multimedia.
Menanggapi tentang jurusan multimedia di SMK Negeri 9 Surakarta, Supriyanti,S.Kom salah satu guru multimedia di sekolah tersebut kepada majalah didik mengatakan bahwa jurusan yang paling diminati sampai saat ini adalah multimedia mengapa jurusan ini diminati masyarakat karena selain memiliki peluang kerja yang tinggi di bidang pekerjaan juga bisa untuk menjawab tantangan dan perkembangan jaman.
Tidak ada kantor yang tidak membutuhkan tenaga ahli komputer bahkan didalam rumah tangga pun seorang ibu atau kepala rumah tangga sudah menggunakan pencatatan keuangan keluarga memakai komputer. Lebih lanjut menurut Supriyanti,S.Kom Multimedia SMK Negeri 9 Surakarta merupakan jurusan Multimedia pertama di Surakarta yang berdiri sejak tahun 2005 dan menjadi pioneer dari smk yang mempunyai jurusan multimedia di Surakarta.
Multimedia SMKN 9 surakarta memiliki peluang kerja yang tinggi dan ada beberapa produk yang dihasilkan diantaranya packaging,iklan,dan berbagai desain. Multimedia SMKNegeri 9 Surakarta juga mempunyai kualitas pengajar yang kompeten pada bidang nya masing-masing,pada PPDB (pendaftaran peserta didik baru) Tahun ajaran 2018/2019 siswa yang mendaftar jurusan multimedia sudah melebihi kuota yang disediakan.
(dhodik/aria/r)

Related posts