Ketua STMIK AUB Surakarta Melepas KKN STMIK AUB Kolaborasi Warga Kampus Dengan Masyarakat Dapat Menumbuhkan Peningkatan Ekonomi Desa

Sejak jaman orde lama hingga orde baru  di dalam dunia pendidikan khususnya  Sekolah Tinggi/Universitas pastinya setiap mahasiswa yang akan lulus mereka akan mengikuti kegiatan KKN  nah apa itu KKN?

KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. KKN   merupakan salah satu mata kuliah yang wajib harus ditempuh oleh mahasiswa yang notabenenya  sebagai calon sarjana .KKN merupakan bentuk aplikasi  keilmuan teori yang pelajari mahasiswa selama kuliah  sehingga nanti di dalam penjabaranya di masyarakat akan memudahkan para mahasiswa itu sendiri dalam bekerja, sehingga tidak kaget atau terkejut  setelah lulus nanti.

Seperti yang tengah dilaksanakan  STMIK AUB , baru saja mengadakan acara pelepasan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN  pada tanggal 9 agustus 2018. Kegiatan ini dilepas langsung oleh ketua STMIK AUB yakni Dr Anton Respati Pamungkas Se,Mm,dan penyerahan di lokasi oleh wakil ketua 1 bidang akademik yaitu Paryanta S.Kom,M.Kom. KKN  dilaksanakan mulai tanggal 9 agustus 2018 – 29 agustus 2018 di desa Pusporenggo kecamatan Musuk kabupaten Boyolali  dan diikuti oleh 2 program studi yaitu program studi sistem informasi  S1 dan program studi Sistem komputer S1 sejumlah 53 mahasiswa ujar wakil ketua 1 bidang akademik Paryanta S.Kom,M.Kom .

KKN dilaksanakan di desa-desa karena masyarakat desa memerlukan pendampingan  dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dan menciptakan inovasi baru  untuk meningkatkan perekonomian masyarakat  desa  dengan tujuan membantu mengembangkan  IPTEK masyarakat desa . KKN sendiri dilakukan oleh mahasiswa pada semester 7 sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti yang dijelaskan paryanta S.Kom,M.Kom yakni perguruan tinggi wajib melaksanakan 3 Dharma yaitu dharma pendidikan melalui perkuliahan, dharma penelitian (reset,pengembangan ilmu) dan pengabdian kepada masyarakat, ujar Paryanta S.Kom,M.Kom. (angel/amel/R).

Related posts