Benarkah Gedung Sekolah Megah Jadi Daya Tarik Bagi Calon Siswa Baru?

Ada hal yang menarik setiap tahun sekali khususnya ketika sekolah membuka pendaftaran siswa baru. Mereka selain memperhatikan mutu atau kualitas serta potensi gurunya juga keadaan gedung sekolahnya. Di akui atau tidak hati nurani para siswa khususnya para orangtua gedung yang megah biasanya juga menjadi syarat bagi penentuan pengambilan keputusan artinya gedung yang bagus, luas,bertingkat,bercat indah, memiliki taman yang luas,serta pagar yang kuat,area parkir yang luas,serta tumbuh- tumbuhan yang rindang atau cuacanya yang teduh menjadi daya tarik utama bagi calon siswa baru, benarkah demikian.

 

Dalam edisi september 146 ini majalah didik mencoba mengupas mencari pendapat masyarakat khusunya para calon siswa baru sebelum memutuskan masuk di salah satu sekolah. Biasanya gedung yang megah tersebut menjadi salah satu pilihan bagi para calon siswa baru menurut Retna kusuma dewi.spd Selaku guru Multimedia Smkn 9 surakarta bahwa kualitas atau mutu serta gedung yang megah itu menjadi paket yang tidak lepas dari pilihan masyarakat.

Pilihan gedung megah bagi calon siswa baru adalah mutlak harga mati, karena gedung megah selain dijadikan suatu kebanggaan bagi seseorang juga menimbulkan citra positif bagi masyarakat bahwa sekolah tersebut sebagai sekolah yang keren,kaya,serta dimiliki oleh pemerintah atau pihak swasta yang dananya tidak sedikit gedung sekolah yang megah juga bisa mendatangkan aurat bagi para siswanya apalagi didukung dengan mutu/kualitas kelulusanya.

Tetapi apakah gedung yang megah juga memiliki kelemahan artinya jumlah muridnya yang banyak, mutu kualitas nya yang bagus, serta lulusannya banyak yang bekerja. Semua itu perlu jawaban dari masing masing sekolah yang dalam hal ini adalah pimpinan lembaga atau sekolah yang dimaksud.

Lebih lanjut menurut Retna kusuma dewi.spd gedung sekolah megah menjadi daya tarik karena jika gedung yang megah otomatis menunjukkan keberadaanya itu benar –benar nyata dan di akui. Beliau juga menambahkan jika gedung sekolah jelek peserta didik akan kurang tertarik untuk mendaftar disekolah tersebut, dan juga kualitas atau mutu juga penting bagi Calon Siswa baru.

.(Farel/Anggit/R)

Related posts