12 Sapi Qurban RS. PKU Muhammadyah Surakarta

Loading...

Setiap tanggal 10 Dzulhijjah, semua umat islam merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari Rabu 22 Agustus 2018 lalu umat islam menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh warga sekitar. Lalu apa sebenarnya Qurban itu?
Qurban berasal dari bahasa Arab,”Qurban”yang berarti dekat.Qurban dalam islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan ,seperti unta,sapi(kerbau),dan kambing yang disembelih pada hari raya idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai wujud rasa syukur yang ditunjukan seluruh umat muslim kepada allah atas segala karunia dan nikmat yang telah diberikan.
Ibadah kurban hukumnya sunnah. Namun sudah seharusnya kita sebagai umat muslim terutama yang memiliki kelebihan dari segi materi menyisihkan sebagian harta kita untuk berqurban.Karena sesungguhnya banyak sekali manfaat dari berqurban yang bisa dirasakan oleh umatnya baik didunia maupun diakhirat nanti.Qurban dapat menutup segala amalan buruk yang pernah dibuat,khususnya untuk umat muslim yang rajin melakukanya.Tidak hanya itu,qurban juga dapat mempererat tali silaturrahmi antar umat muslim.Dengan melakukan ritual qurban mulai dari membeli,menyembelih dan membagikan daging qurban,kita telah meningkatkan solidaritas antar umat muslim.
Tahun ini RS PKU Muhamadiyah Solo menyembelih 12 sapi dan salah satu sapinya adalah sumbangan dari BSM. DR. Beksi Suharto selaku ketua panitia Qurban dalam wawancaranya kepada majalah didik mengatakan bahwa dari hasil wawancaranya kepada media mengatakan bahwa dari hasil 12 sembeliham daging sapi ini akan dibagikan kepada pihak yang berhak disekitar RS PKU Muhamadiyah. Bekti juga mengatakan terimakasih atas kepedulian BSM kepada PKU dan warga yang telah mendukung agenda tahunan ini. Ada sekitar 50 an diperbantukan untuk menangani Qurban ini kata Bekti menambahkan. Bekti berharap Qurban ini menjadi amal ibadah bagi keluarga PKU Muhamadiyah.
Eko Madya Sutanto,SE,M.Si selaku wakil Direktur bidang keuangan mengatakn bahwa peserta Qurban adalah dari sivitas PKU Muhamadiyah Surakarta, ada karyawan, dokkter, majlis dan direksi. Qurban ini untuk menjalankan perintah Allah yang meneladani ketaatan Mutlak Nabi Ibrahim untuk berbagi kepada umat. Eko mengatakan untuk tahun mendatang bisa bertambah peserta Qurban di PKU dan yang dilakukan selalu mendapat petunjuk dari Allah, papar Eko memuturkan kepada majalah didik.(Amel/R)

loading...

Related posts

Leave a Comment