IKKS SMK Sragen Adakan Pertemuan Rutin Dirumah Kepala SMK Kosgoro 3 Kedawung Sragen

Dalam rangka menjalin talisilaturahim keluarga para kepala sekolah, belum lama ini Ikatan Kerja Kepala Sekolah (IKKS) SMK baik negeri maupun swasta sekabupaten Sragen mengadakan temu kangen yang bertempat dirumah Arifin Hadi Wibowo, ST, MM, M.Si kepala SMK Kosgoro 3 Kedawung Sragen. Pertemuan yang dihadiri oleh kurang lebih 500 orang tersebut berjalan aman dan lancar. Mereka saling berjabat tangan, berpelukan untuk melepaskan rasa kangen serta bercerita dan bercandaria, saling mencurahkan isi hati tentang pribadi ataupun keluarganya. Intinya mereka ingin memperdalam rasa persaudaraan yang lebih erat, akrab, senasib dan sepenanggungan. Jika selama ini yang saling akrab hanya antar kepala sekolah tetapi untuk pertemuan yang digelar seperti ini tidak hanya kepala sekolah saja tetapi juga untuk kepentingan anak istri dan keluarganya. Tertera saling gotong – royong, tolong – menolong, kasih sayang, bantu – membantu untuk menciptakan persaudaraan yang abadi. Menurut ketua IKKS SMK Sragen Drs. Wahid Harianto, M.Pd pertemuan seperti ini sudah berlangsung cukup lama tepatnya dua bulan sekali dan secara bergiliran dari rumah kerumah sesuai jadwal yang sudah dibuat bersama dalam pertemuan tersebut. Mereka menggunakan pakaian batik dengan ciri khas warna khusus berlogo dan bertuliskan IKKS Sragen. Beberapa program kerja yang telah dibuat jauh – jauh hari sebelumnya telah ditorehkan dan direalisasikan kedalam pertemuan tersebut setiap kali ada program baru maupun masalah baru selalu dibahas dan dicari solusinya sehingga setiap masalah yang ada akan selalu terselesaikan, tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan ketika kita berunding dan saling sharing. Dengan menganut sistem gotong – royong setiap masalah dapat teratasi dengan baik sebagai makhluk sosial, kita ditakdirkan untuk saling bergandengan tangan dalam hidup. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing alhasil setiap program kerja yang tercetus dari siapapun selalu ditanggapi untuk dicarikan pemecahan masalah. Intinya IKKS ini membangun kesejahteraan, kebahagian didunia maupun diakhirat. Korelasi antara IKKS dengan MKKS tidak jauh berbeda penekanannya, IKKS untuk talisilaturahmi keluarga kepala sekolah, dan untuk MKKS  hanya berpusat pada program kerja kedinasan menggarap seperti diklat, pelatihan, workshop, seminar dan lain lain .

Sementara itu Arifin Hadi Wibowo selaku tuan rumah dalam pertemuan IKKS  yang berlangsung pada hari Rabu, 11 April 2018 yang bertempat dirumahnya Kedawung lalu menyatakan ucapan terimaksih kepada seluruh keluarga besar IKKS yang berkenan hadir dalam acara pertemuan rutin dua bulan sekali. Terlihat saling akrab antara keluarga kepala sekolah satu dengan yang lainnya. Semoga pertemuan seperti ini akan berlangsung terus – menerus kendati pada suatu saat nanti diantara kita sudah ada yang pensiun. Pensiun bukan hal untuk membatasi diri dalam pertemuan seperti ini karena ini dibangun tidak terbatas pada usia jabatan dan sifatnya tak terbatas. Arifin Hadi Wibowo yang saat itu didampingi oleh Suhadi kepala SMK Kosgoro 1 yang juga ayah dari Arifin Hadi Wibowo kepada majalah didik menambahkan “hidup tanpa batas, artinya kasih sayang terus mengalir, gotong – royong terus ditingkatkan, mencintai sesama manusia lalu ditambahkan membantu yang lemah harus ditingkatkan, meningkatkan kualitas kerja bersifat wajib bagi para kepala sekolah”. Oleh karena itu pertemuan seperti ini harus disyukuri oleh keluarga besar SMK Sragen. Hidup ini indah manakala kita bisa mensyukuri atas segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Kita harus bisa mengeliminir setiap masalah yang ada karena itu dibutuhkan kebersamaan untuk memecahkan masalah.

Disebutkan dalam jumlah SMK Negeri dan Swasta di Sragen kalau tidak salah ada 56 sekolah jumlah tersebut. Termasuk sekolah yang aktif dan memiliki jumlah murid yang memadahi karena minat masyaraka untuk bersekolah disekolah kejuruan Sragen tergolong tinggi, mereka ingin siap kerja dan sukses diusia muda. (Apsari Siska/R)

Related posts