Gojlog Siswa Dengan Pendidikan IMTAQ dan IPTEK

Gojlog Siswa Dengan Pendidikan IMTAQ dan IPTEK

Duwi Iswadi S.Kom – (Kepala SMP IT dan PKBM Putra Mandiri Kosgoro Sragen)

Di era modern saat ini IMTAQ dan IPTEK sangat diperlukan untuk para Siswa – siswi. Bukan hanya sekedar pengetahuan yang akan diajarakan oleh pihak sekolah namun juga kita akan memberi, membimbing siswa – siswi agar memiliki akhlak yang baik. Kita menekankan agar kelak anak dapat memiliki keutamaan percaya kepada Tuhan dan berilmu. IPTEK harus berimbang dengan IMTAQ. Inilah yang ditekankan oleh lembaga pendidikan SMP IT dan PKBM Putra Mandiri Sragen.

SMP IT Kosgoro Sudah berdiri sejak 2007 masih eksis sampai sekarang namun demikian regulasi demi regulasi. Perkembangan teknologi, zaman, masyarakat sosial sangat luar biasa maka dari itu dalam managemen pendidikan ini sangatlah perlu dipahami dengan betul – betul dan dilaksanakan dengan baik. Saat ini sekolah kami mempersiapkan, mengemas pola pendidikan dengan berbagai metode dan upaya supaya generasi muda dan generasi anak benar – benar tercover oleh pendidikan yang sangat memadai. Dengan adanya perkembangan zaman sekarang ini tentunya kita sudah memiliki berbagai metode pola pendidikan  lebih dari rata – rata. Kemudian bila bicara mengenai unggulan SMP IT Kosgoro kita sudah melaksanakan sholat Dhuha dipagi hari, lalu dilanjutkan dengan kajian pagi karena kita berbasis agama islam dan dilanjutkan berbagai pendidikan PAI (Pendidikan Agama Islam). Lalu kita kembangkan metodenya seperti apa dan mudah dipahami oleh anak – anak kita. Kemudian mengenai kegiatan extrakullikuler menurut Dwi Iswadi antara lain disiplin pelajar yang diampu oleh TNI, Rohis, Osis, Pramuka . Target kami anak yang masuk disekolah yang belum memiliki kemampuan , maupun belum bisa baca alquran, ketika lulus akan bisa baca / tulis Alquran. Lebih lanjut ditambahkan metode pengembangan Alquran kita sediakan jam khusus, pendidikan (TPA) ini diadakan ketika sore hari, ungkapnya.

Program ini sedang kita godog dan proses. Khusus untuk bimbingan konseling kita dari home visit dari rumah – kerumah  jadi kita bisa mengerti apa masalah anak tersebut. Ketika disekolah kita berikan motivasi yang terbaik namun demikian kita perlu dengan gotong – royong dan dukungan pendidikan dari keluarga dirumah, sehingga kita bisa sinkron dan kita mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Kemudian untuk lembaga yang satunya yaitu PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Putra Mandiri ini merupakan pusat (central) pendidikan. Disisnilah letak pendidikan masyarakat paket A, paket B,dan paket C. Kemudian dari keaksaraan dasar dan keaksaraan usaha – usaha mandiri, disitulah peran serta dari PKBM namun demikian berbagai upaya dari lembaga PKBM ini diharapkan betul – betul bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Jadi masyarakat bisa mengambil manfaat, hikmah, ilmu yang diselenggarakan PKBM Putra Mandiri. Untuk paket C setara SMA, Paket B setara SMP, dan Paket A setara SD. Kemudian untuk pendidikan keaksaraan mandiri, dasar yang masih buta huruf ditingkat kabupaten Sragen ini angkanya juga masih tinggi namun demikian lembaga PKBM diberikan amanah, tanggung jawab dan peran serta untuk memberantas buta aksara di lingkungan kabupaten Sragen. Antara umur 17 tahun – 59 tahun. Mungkin sudah berumur tua, diatas 40 maupun 50 disitulah yang belum bisa baca merupakan tugas kita. Sehingga peran serta lembaga sangat penting untuk masyarakat maka lembaga – lembaga yang ada ini diuri – uri, disengkuyung keberadanya sehingga semuanya bisa berjalan seimbang antara pendidikan  dan sosial masyarakat. Peran peserta nantinya untuk kesejahteraan ekonomi, disitulah peran dari dua lembaga ini lembaga PKBM Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat serta pusat lembaga pendidikan SMP Islam Terpadu Kosgoro yang ada di Kedawung Sragen. (Apsari Siska/Aji/R).

Related posts