Rohmad, S.Pd, M.Pd. Kepala SMP Negeri 2 Jatiroto, Wonogiri DISIPLIN MODAL DASAR PEMBENTUKAN KARAKTER

Rohmad, S.Pd. M.Pd.

Siapapun pemimpin itu, apalagi seorang kepala sekolah tentu dituntut untuk meningkatkan kinerja para guru dan karyawannya serta meraih prestasi sekolah yag dipimpin nya. Untuk meraih prestasi itu tidak semudah membalikkan telapak tangan pasti didalamnya dibutuhkan proses perjuangan dalam memanage sekolah yang dipegang. Seorang kepala sekolah itu identik dengan sutradara, direktur, pengarah gaya, atau desaigner tentu dituntut kreativitas serta daya cipta dan inivotif yang tinggi. Kepala sekolah harus cerdas dalam membaca situasi dan kondisi serta harus bisa membawa instansi yang dipimpinnya menjadi maju dan berkembang. Inilah parameter kepala sekolah yang bermutu dan berkualitas. Sebutan itu pantas diberikan atau diatasnamakan kepada Rohmad, S.Pd, M.Pd. Pria pendiam ini ketika di konfirmasi oleh majalah didik seputar tentang sekolah yang dipimpinnya dengan gamblang (jelas) menuturkan dirinya siap mengemban tugas sebagai seorang pemimpin bahkan selama memimpin. Seperti apa komentar berikutnya ikuti wawancara majalah didik dengannya.
Lebih lanjut dikemukakan oleh Rohmad, S.Pd Bahwa SMP N 2 Jatiroto terletak di tepian gunung dengan kondisi lingkungan yang sejuk dan pemandangan yang asri membuat nyaman siswa dalam konsentrasi belajar mengajarnya. Disekitar sekolah tertanam sekitar 100 batang lebih pohon jati ini sebagai penghijauan di lingkungan sekolah. SMP Negeri 2 Jatiroto adalah sekolah penyelenggara Adiwiyata yang pernah mendapat pelaksanaan terbaik kedua ditingkat provinsi, kemudian pada tahun kemarin 2016 mendapat penghargaan tingkat nasional yang ketika itu disampaikan oleh bapak menteri pendidikan dan ibu menteri lingkungan hidup. Selain didukung dengan keadaan sekolah yang nyaman untuk dapat meningkatkan dan menciptakan prestasi, SMP Negeri 2 Jatiroto juga menerapkan kedisiplinan agar murid dan guru memiliki karakter yang bagus. Salah satu kegiatan kedisiplinan yaitu setiap pagi selain upacara diadakan apel pagi pukul 07.00-07.25, kemudian pada hari jumat untuk menambah karakter dan keimanan mereka menjalankan sholat duha bersama-sama di masjid sekolah yang bisa menampung seluruh murid dan terbagi dalam 2 shift yaitu shift putra dan shift putri.
Kemudian mengenai prestasi, lebih lanjut dikatakan Rohmad, S.Pd bahwa prestasi yang paling menonjol dibidang olahraga adalah basket sebagai ikon sekolah kami, yang mana untuk ditingkat kabupaten wonogiri tidak diragukan lagi juara 1, kemudian tingkat provinsi JRPL yang setiap tahun diselenggarakan di Surakarta selama 4 atau 5 tahun ini selalu masuk final dan bisa meraih juara. Dalam mengembangkan karakter sekolah kami juga membentuknya lewat ekstrakulikuler. Ekstra yang lain selain pramuka yang ada disekolah kami diantaranya PMR, olahraga seperti volly, basket dan futsal. Semua prestasi itu bisa diraih berkat minat dan bakat anak-anak, serta dorongan yang kuat dari bapak ibu guru sekolah sehingga sekolah kami mengalami kemajuan-kemajuan. Kami berharap semakin kedepan akan semakin meningkat prestasinya untuk sekolah kami baik bidang akademik maupun nonakademik.
Sekilas mengenai siapa Rohmad, S.Pd ini ternyata dia seorang bapak yang penuh dengan pengalaman bahkan apa yang dicapai selama ini dilaluinya dengan proses perjuangan yang tidak ringan. Pak Rohmad yang lahir di Klaten, 8 Juli 1963 ini termasuk pemimpin yang sukses salah satu bukti bisa membawa sekolah nya dikenal oleh masyarakat luas kemudian capain prestasi dan lain sebagainnya. Dia adalah alumni S1 FKIP UNIVET Sukoharjo, juga alumniS2 UNWIDA Klaten. Kemudian ia menceritakan keluarganya diantaranya anak pertama bernama Rofi’ah Nurahmawati S.Pd.I (guru SMP N 1 Batuwarno), yang kedua bernama Rosyida Nurahmawati, S.Pd.I (guru SMPN 1 Nguntoronadi), anak ketiga Rosyadi Nurahmawati kelas 9 yang bersekolah di SMP N 1 Tirtomoyo dan dia memiliki istri bernama Dwi Pujiastuti S.Pd. yang mengajar di SMP Sultan Agung Tirtomoyo. Rohmad, S.Pd beralamat di Klampis RT 01/ RW 02, Sendang Mulyo, Tirtomoyo demikian ulasnya. (Ries/r)

Related posts