SDN 1 SUMBERAGUNG BATUWARNO WONOGIRI PIKNIK KE CANDI BOROBUDUR DAN PARANGTRITIS

Kata piknik bagi warga masyarakat Indonesia bukanlah kata yang asing, apalagi bagi dunia pendidikan, piknik menjadi program utama bagi setia sekolah di negeri ini. Tidak hanya TK, SD, SMP, SMA/SMK, tetapi juga para mahasiswa. Kata piknik mengandung arti dan makna yang luas, yakni liburan, plesir, bersenang-senang, study banding atau untuk mengisi waktu yang luang. Secara psikologi kejiwaan kata piknik menghibur bersenang-senang dengan tujuan agar kita terhindar dari kepenatan (Stres), karena jika kita senang alias Fres, kita akan bersemanggat fokus dalam beraktifitas sehari-hari, pendek kata hasil yang baik akan memuaskan dalam perjalanan karir kita.

Seperti yang baru saja terjadi pada hari ini, Rabu 18 Oktober 2017, para guru, murid, orang tua siswa SDN 1 Sumberagung Batuwarno Wonogiri. Menggadakan piknik ke Candi Borobudur, Parang tritis, dan Kyai Langgeng, piknik di daerah tersebut menggunakan jasa transportasi Bus Cipta Raharja. Kepala sekolah setempat Pariyo S.Pd kepada Majalah DIDIK menggatakan “Bahwa piknik ini sudah menjadi program tahunan yang sifatnya rutin, dan biasa dilakukan oleh sekolah-sekolah lain, namun menggenai tujuan wisata selalu berbeda, artinya setiap ada piknik selalu mencari kawasan wisata yang baru. Biar tidak jenuh dapat pengalaman baru dan yang jelas sebagai hiburan rohani, dimana manusia itu senang hatinya pasti hasil maksimal akan dicapai, karena yang namanya kerja harus dibarenggi dengan hati, ungkapnya.”

Dalam piknik ini para siswa didampinggi oleh para guru, kepala sekolah, wali murid, serta karyawan. Mereka adalah Pariyo S.Pd selaku kepala sekolah. Sujardi S.Pd, Muji Rahayu, S.Pd, Warno S.Pd, Rita Nurhidayati S.Pd, M.Pd, Sularmi S.Pd, Nurul Maisyaroh S.PdI, Andi Dwi Nugroho S.Pd Guru. Sukimin, Susi Kurniasih sebagai karyawan sekolah.

Piknik sehari tersebut berjalan aman dan lancar, kendati banyak guru dan siswa menggalami mabuk dikarenakan jalan dari Batuwarno menuju ke Candi Borobudur dan Parang tritis serta Kyai Langgeng selalu berbelok dan naik turun. Hal ini sedikit membuat repot bu Rita Nurhidayati S.Pd, M.Pd selaku Koordinator acara piknik ini, namun satu hal yang dapat kita petik arti dan maknanya bahwa piknik ini dirasa sanggat menyenangkan dan membanggakan. (Rita/Boby/R)

Related posts