Sejarah Taman Balekambang

Seiring berjalannya waktu, Taman Balekambang kemudian dibuka untuk umum, dan sejak itu mulai diadakan hiburan untuk rakyat seperti Ketoprak lesung yaitu ketoprak yang diiringi dengan musik lesung dan berkembang sampai sekarang diiringi dengan gamelan.
Area Taman Balekambang seluas 9,8 Ha yang terletak di Jl. Balekambang no. 1 Surakarta ini dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB setiap hari. Pengunjung dapat menyusuri jalan-jalan setapak dibawah rindangnya dan semilirnya pepohonan untuk mengeliling taman, dan setalah capek berkeliling bisa duduk-duduk dikursi taman yang di desain unik sambil menikmati kicauan burung, canda beberapa ekor rusa yang jinak dan angsa putih layaknya yang dialami keluarga Puro Mangkunegaran dulu.
Saya senang berlibur disini, selain udaranya yang segar, anak-anak juga bisa berbaur dengan alam dengan mengenal berbagai hewan dan tumbuhan.

Nah pada agenda tahunan lebaran Taman Balaikambang terdapat agenda wisata Bakdan ing Balekambang, Sejumlah pentas seni, bazar, hingga pameran disiapkan untuk menarik minat masyarakat. Selain menikmati suasana Balekambang, pengunjung juga dapat menikmati live music yang disajikan.
“Sudah agenda tahunan mengajak keluarga untuk berkunjung kemari, selain merakyat ia dan keluarga mengaku senang menyaksikan performa hiburan musik dan suasana nyaman nampak pada wajah pengunjung lain” ungkap Angga (24) salah satu pengunjung asal Karanganyar.

Pada Rabu (28/6/2017), objek wisata Taman Balekambang yang berada di kawasan Manahan tersebut berubah bak kebun raya Bogor nan indah.

Sementara itu pengunjung lain mengaku senang lantaran hiburan tersebut tidak di pingut biaya.

“Gratis mas lumayan asik saya bersama keluarga ketimbang jalan-jalan muter malah menghabiskan baham bakar” ungkap Riyadi (45) warga Sukoharjo.

Event tahunan tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2010, selain memfasilitasi pemudik yang rindu akan hiburan yang murah meriah. Menurut pantauan tim beberapa pengunjung terlihat menikmati wanaha dan hiburan yang beryajuk bakdan ning balaikambang tersebut. #Gilang

Related posts