Cetak Lulusan yang Banyak Diserap Dunia Kerja

Kepala Sekolah SMK Kosgoro 1 Sragen, Drs. H

Sragen –Sejatinya, pendidikan lebih memperhatikan kebutuhan anak, bukan memaksakan sesuatu yang membuat anak kurang nyaman dalam melakukan aktivitas belajar di sekolah. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif.
Berkarakter, beriman, disiplin dan mempunyai keterampilan. Hal ini merupakan tujuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMK Kosgoro 1 sejak awal siswa memasuki tahun ajaran baru.
Kepala Sekolah SMK Kosgoro 1 Sragen, Drs. H. Suparno, MBA, MM, memaparkan siswa harus memiliki bekal sebelum ia lulus. Dengan keterampilan yang telah dibentuk dari sekolah, siswa lebih siap saat menghadapi dunia industri, persaingan ketat dunia kerja membuat SMK Kosgoro 1 menciptakan lulusan yang berkualitas.
“Siswa yang disiplin dan berkarakter membuat rasa tanggung jawab dalam pekerjaannya di dunia kerja. Jadi sekolah berusaha membina karakter siswa, untuk melahirkan generasi muda unggul dan berkarakter yang dicari tentu bukan kuantitas tetapi lebih kepada kualitas” ujar ayah 3 anak tersebut.
Untuk menciptakan siswa yang mampu di serap dunia kerja, ia menuturkan untuk setiap kejuruannya, siswa saat praktik dunia kerja sekolah mengizinkan dapat langsung kerja di tempat praktik tersebut.
Untuk mendukung kegiatan praktik siswa, sekolah mempunyai laboratorium seindiri untuk setiap jurusan. Peralatanpun telah kami lengkapi meski ada sedikit yang perlu di sempurnakan, hal tersebut selain menunjang skill siswa, juga agar siswa benar-benar merasakan bagaimana bekerja di dunia industri sebenarnya.
Hal tersebut adalah sebuah sumbangsih SMK Kosgoro 1 untuk pembangunan masa depan bangsa. Identiknya pembangunan tanpa pendidikan yang berkualitas adalah hal yang tidak mungkin.
Mampu memajukan dunia industri di Indonesia serta dapat berkiprah memajukan perusahaan dimana lulusan SMK Kosgoro bekerja.Bila dipresentasekan, siswa diserap pada dunia kerja 70 persen dan 30 persen sisanya membuka usaha sendiri.
Sementara itu, pensiunan PNS yang sempat merintis SMK Kosgoro 1 periode 2002 hingga 2016 tersebut menjelaskan untuk menciptakan siswa yang berkualitas dan kuantitas, siswa SMK Kosgoro 1 memberikan fasilitas dengan pembangunan gedung yang bagus, fasilitas tempat belajar yang tak ragu lagi di sandingkan dengan Sekolah lain.
Prestasi UNBK bahasa Inggris terbaik tahun 2016 Sragen pernah diraih oleh siswanya, lomba LKS jateng 2017, Paskibra kabupaten yang sekian siswanya mendapatkan prestasi di bidang akademik dan non akademik peran para siswa SMK Kosgoro 1 dalam kancah pendidikan bisa disegani juga.
Berada di bawah Yayasan Pendidikan Kosgoro ini menggali kreatifitas siswa untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam mengeksplore pariwisata sesuai kejuruan siswa dengan di bukanya kejuruan Perhotelan 2 tahun lalu. Perhotelan siswa diberikan kemampuan untuk memanage perjalanan dan melakukan praktik kerja di hotel bintang 4 dan 5 di kota Solo Raya.
Memiliki keahlian yang baik, memahami dan pandai membaca perusahaan tempatnya bekerja dan mampu mengimplementasikannya. Dengan ini siswa diharapkan siap menghadapi masalah, baik untuk perusahaan maupun bisnisnya sendiri.
Lulusan Siswa Laku ke Luar Negeri
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMK Kosgoro Sragen, selain perusahaan ASTRA, AHM lulusan diminati perusahaan luar negeri. Kepala Sekolah SMK Kosgoro 1 Sragen, Drs. H. Suparno, MBA, MM, mengungkapkan, tahun 2016 tercatat beberapa siswa telah lulus seleksi dan diterima oleh perusahaan dari Malaysia untuk siap bekerja. Beberapa siswa mengikuti seleksi sebelum bekerja perusahaan negeri jiran tersebut.
Jika dibandingkan dengan 2015, maka terjadi peningkatan jumlah pelajar yang dikirim untuk bekerja ke luar negeri lebih bertambah. Suparno menilai tingginya permintaan perusahaan luar negeri dapat dijadikan prospek lapangan pekerjaan.#Gilang

Related posts