SMPN 1 Jatisrono Raih Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Tingkat Kabupaten Wonogiri

SMP 1 Jatisrono

Kata “prestasi” mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita masing-masing. Setiap orang pun tentu berharap punya prestasi yang membanggakan untuk orang tua, sekolah, sampai dengan lingkungan masyarakat sekitarnya. Ketika seseorang mendapatkan prestasi yang diinginkan tentu membuat perasaannya menjadi senang dan bangga. Hal inilah yang tengah dirasakan oleh SMP Negeri 1 Jatisrono karena siswanya berhasil meraih juara pertama Lomba Cerdas Cermat di tingkat Kabupaten Wonogiri
Bertempat di SMP Negeri 1 Wonogiri, peserta dari SMP Negeri 1 Jatisrono tampak deg-degan sebelum acara Lomba Cerdas Cermat berlangsung. Mereka yang mewakili SMP setempat di antaranya: Intan Adelia Pangesti, Yupita Jamas Sentia, dan Trio Siswiyanto. Ketiganya memang berasal dari kelas unggulan di SMP Negeri 1 Jatisrono. Jadi, tanpa ragu lagi mereka terpilih menjadi wakil sekolah dan akhirnya meraih gelar juara pertama tersebut.
Saat ditemui tim Majalah DIDIK, Taryanti, S.Pd, selaku pembimbing siswa peserta lomba cerdas cermat SMP Negeri 1 Jatisrono bidang mata pelajaran Matematika menuturkan bahwa siswa yang menjadi wakil sekolahnya itu cukup mudah saat diberi bimbingan. “Mereka hanya diberikan pengarahan dalam waktu yang cukup singkat dan diberikan buku sudah bisa untuk belajar secara mandiri. Apabila ketiganya menemukan kesulitan barulah mengajukan pertanyaan kepada guru pembimbing yang bersangkutan,” terang Taryanti.
Sejak Taryanti mengajar di SMP Negeri 1 Jatisrono pada tahun 2007, siswa yang berhasil meraih prestasi pada Lomba Cerdas Cermat di tingkat kabupaten. Namun, pihaknya menjelaskan bahwa prestasi yang dimiliki oleh SMP Negeri 1 Jatisrono tidak hanya itu. Siswa sekolah setempat terbilang cukup berprestasi di bidang Olimpiade Sains Nasional (OSN). Sejumlah kejuaraan OSN yang pernah diraih sekolahnya, antara lain: OSN Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Bahkan, pada periode 2 tahun terakhir ini siswa SMP Negeri 1 Jatisrono berhasil menjadi wakil Kabupaten Wonogiri untuk berlomba OSN di tingkat Provinsi Jawa Tengah.
Kembali pada keberhasilan meraih juara LCC Kabupaten Wonogiri, Danang Sarwodi, S.T, sebagai satu-satunya guru yang mendampingi keberhasilan siswa saat lomba berlangsung mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diraih siswanya. Dirinya yang menjadi saksi perjalanan siswanya dalam meraih keberhasilan dari buah perjuangan yang sungguh-sungguh. “Kami hanya memotivasi anak agar tidak grogi atau takut menghadapi lomba ini. Karena saya melihat anak-anak itu tampak tegang, jadi saya membuat rileks mereka sehingga menjadi siap secara fisik, materi, maupun mental,” ungkap Danang.
Sementara itu, Intan Adelia Pangesti, salah satu siswa peserta lomba atau perwakilan dari SMP Negeri 1 Jatisrono merasa senang dan bangga dapat mengharumkan nama sekolah di tingkat Kabupaten Wonogiri. Siswa kelahiran Wonogiri, 9 Maret 2002 ini mengaku merasa nerveous sebelum lomba dimulai. Awalnya, ia bersama teman-temannya mengerjakan 100 butir soal pilihan ganda dan 50 butir soal esai. Setelah berhasil melewati fase ujian tulis, mereka yang menjadi wakil sekolah dari Sub Rayon 04 Wonogiri ini menuju babak final bersama 3 SMP berbeda termasuk sekolahnya. Mereka menghadapi kesulitan dalam mengerjakan soal bahasa Inggris. Namun, akhirnya mereka berhasil meraih Juara Pertama Lomba Cerdas Cermat tingkat Kabupaten Wonogiri dengan selisih poin 50 dari pemenang kedua.
Ditemui terpisah, Kepala SMP Negeri 1 Jatirono, Sudirman, S.Pd, menambahkan bahwa pihaknya akan senantiasa memfasilitasi kebutuhan yang diperlukan oleh siswa untuk meningkatkan prestasi. “Terkait dengan prestasi baik LCC maupun lomba lainnya, kami akan melakukan pembinaan yang lebih baik lagi untuk ke depannya. Setiap hari kami juga mengadakan persiapan khusus untuk siswa agar memiliki kompetensi yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (Eko/r)

Related posts